Kesehatan

5 Cara Mudah Kontrol Nafsu Makan Berlebih

Sabtu, 23 Januari 2021 - 08:30 | 47.12k
Makan berlebihan tentunya tak baik untuk kesehatan (FOTO: womantalk.com)
Makan berlebihan tentunya tak baik untuk kesehatan (FOTO: womantalk.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMakan berlebih tentunya dapat berdampak pada kesehatan. Selain kegemukan, makan terlalu sering juga dapat mengakibatkan beberapa penyakit lainnya seperti diabetes, bahkan jantung. 

Berikut cara mudah untuk mengontrol nafsu makan berlebih. 

1. Minum air

Minum air dapat dilakukan saat Anda ingin makan namun tidak terasa lapar. minum air putih yang banyak dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebih. Selain itu, di saat Anda merasa sedang lapar dan ingin makan, bisa saja sebenarnya tubuhmu sedang haus. Hal ini lantaran tubuh bisa saja salah mengartikan sinyal dari otak sebagai rasa lapar. 

2. Kendalikan stres

Makan bisa menjadi salah satu pelarian orang saat dilanda stres. Parahnya lagi makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang kurang sehat, seperti junkfood. Jika dibiarkan ini dapat membuat berat badan naik dengan cepat. Maka langkah yang tepat adalah mengendalikan stres. 

3. Makan teratur

Makan dengan jadwal yang teratur dapat menekan kebiasaan makan di luar jadwal. Makan secara teratur dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu, hal ini juga akan menghindarkanmu dari keinginan ngemil makanan-makanan luar yang kurang sehat.

4. Rajin makan makanan berserat

Makanan berserat tinggi bisa membuat kenyang lebh lama. Dengan begitu keinginan untuk makan atau ngemil jadi berkurang. 

5. Makan dengan perlahan

Makan dengan perlahan dapat membuat merasa kenyang. Karena hal ini dapat memberikan kesempatan kepada otak untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi tak ada lagi keinginan Makan berlebih. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES