Gaya Hidup

Mumpung Weekend, Kreasi Bikin Masker Tiedye Sendiri Yuk

Sabtu, 23 Januari 2021 - 02:22 | 63.51k
Masker kain tiedye (FOTO: carousell)
Masker kain tiedye (FOTO: carousell)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Motif tiedye masih menjadi tren hingga saat ini. Baik kaus, jaket, bahkan masker tiedye selalu laris manis di pasaran.

Tiedye sendiri sebenarnya teknik pewarnaan pada kain. Teknik ini sebenarnya mudah, dan tidak ada ketentuan khusus saat membuatnya. Karena itu hasil dari pewarnaan teknik tiedye selalu berbeda-beda. Inilah yang membuat motif tiedye digemari, ngga ada yang nyamain. Hehehe...

Nah mumpung weekend, ga ada salahnya dong membuat masket tiedye sendiri.

Bahan dan Alat yang diperlukan:

Masker kain polos ( berbahan katun, linen, atau natural fiber)
Pewarna kain (boleh 1 - 2 warna)
Botol saus kosong (digunakan untuk mencampur warna)
Wadah  
Karet Gelang
Kantong Plastik
Sarung Tangan
Alas Plastik
Rak kue atau wadah dangkal

Langkah membuat:

Gunakan sarung tangan dan alas plastik Lipat, putar dan remas masker setelah itu gunakan karet gelang untuk merekatkan.

Berikut beberapa pola yang dapat dicoba:

Garis: Remas masker secara memanjang, buat lipatan kecil, lalu kencangkan dengan beberapa karet gelang dengan jarak yang sama.

Lingkar: Mulai dengan menarik kedua ujung dari masker, letakkan jari telunjuk Anda di tempat yang Anda inginkan di tengah desain, lalu putar kain di sekitar jari Anda, buat lipatan kecil saat selesai. Kencangkan dengan dua atau tiga karet gelang. Bentuknya akan seperti permen lolipop.

Crumple: Gunakan jari Anda untuk mengerutkan masker menjadi bentuk datar seperti cakram; gunakan karet gelang di sekeliling untuk menahannya di tempatnya.

Letakkan masker di atas wadah atau baskom plastik untuk menampung pewarna dan gunakan botol saus untuk mengoleskan pewarna. Coba terapkan warna yang berbeda setiap sisi dan bagian. Untuk mendapatkan warna terang pastel bisa encerkan pewarna dengan banyak air.

Jika ingin mewarnai kedua sisi masker tuangkan pewarna berulang kali pada lipatan-lipatan masker. Simpan setiap masker yang sudah diwarna pada plastik yang berbeda. Diamkan selama satu hari atau beberapa jam sampai mengering.

Setelah pewarna mengering, buka masker dan bilas masing-masing dengan air dingin sampai semua sisa pewarna hilang. Terakhir, cuci masker dengan tangan dengan sedikit deterjen. Untuk pencucian pertama, sebaiknya tidak perlu pakai pewangi ataupun pelembut ya. Setelah kering setrika agar lebih rapi. 

Nah kini Anda dapat tampil kece dengan masker tiedye buatan sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES