Kuliner

Hati-Hati 5 Jenis Makanan ini Bisa Turunkan Imun

Sabtu, 23 Januari 2021 - 01:20 | 74.73k
Makanan manis dan gurih dapat menurunkan daya tahan tubuh (FOTO: Eatthis.com)
Makanan manis dan gurih dapat menurunkan daya tahan tubuh (FOTO: Eatthis.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Agar tak mudah tertpapar virus, menjaga imun tubuh di masa pendemi ini sangat penting ya. Kita disarankan untuk terus berolahraga, dan makan makanan sehat.

Namun jangan asal makan ya. Karena beberapa jenis makanan justru membuat imun tubuh kita menurun. 

Apa saja ya?

Gula

Terlalu banyak asupan gula dapat menurunkan imun tubuh. Studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, seseorang yang mengonsumsi 100 gram gula atau lebih setiap hari mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. 

Konsumsi gula terlalu banyak dapat menurunkan kerja sel darah putih dalam melawan infeksin dan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. 

Garam

Makanan asin gurih memang nikmat ya. Tapi perlu diwaspadai jumlah yang sudah masuk dalam tubuh setiap harinya. 

Sebab terlalu banyak garam juga dapat menurunkan kekebalan tubuh kita. University Hospital of Bonn, Jerman, mengatakan, uji coba yang dilakukan pada manusia dan tikus sama-sama berkesimpulan bahwa konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun.

Minyak

Minyak juga dapat mempengaruhi sel darah putih dalam melawan virus. Jadi sebaiknya kurangi makanan berminyak ya. 

Roti putih

Biasa dijadikan menu sarapan, ternyata roti putih dapat menurunkan imun tubuh. Menurut XPS, FMT, and NASM Certified Trainer dari Amerika Serikat, CJ Hammond, roti putih juga bisa memicu peradangan dan menurunkan fungsi tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Bahkan, bagi orang-orang yang mengalami alergi gluten, roti putih bisa memperparah cedera dan sepenuhnya menekan fungsi kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.

Kafein

Terlalu banyak kafein juga dapat menurunkandaya tahan tubuh. Sebab kafein akan mempengaruhi pola tidur. Seseorang yang mengonsumsi kafein berlebisan bisa susah tidur. Padahal salah satu cara menjaga imun adalah tidur malam yang cukup. 

Sebenarnya boleh saja mengonsumsi makanan dan minuman tersebut, asal tidak berlebihan ya. Untuk menjaga imun tubuh harus diimbangi dengan makanan berserat tinggi dan yang mengandung vitamin lengkap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES