Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

Distribusi Vaksin Covid-19 ke Kota Cirebon Dilakukan 25 Januari 2021

Jumat, 22 Januari 2021 - 09:06 | 36.76k
Ilustrasi - Vaksin Covid 19 (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Vaksin Covid 19 (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, CIREBONDinas Kesehatan Kota Cirebon, Jawa Barat menunda pelaksanaan vaksin Covid-19 di Kota Cirebon. Penundaan ini dikarenakan rencana distribusi vaksin dari Provinsi ke Kabupaten/ Kota yang semula dijadwalkan pada tanggal 22 Januari menjadi 25 Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto memprediksi kedatangan vaksin di Kota Cirebon awal bulan Februari mendatang.

"Untuk pelaksanaan vaksin, kita inginnya begitu datang langsung start. Karena Menkes ingin ada percepatan. Sebanyak 1,3 juta dosis vaksin yang sudah siap ini segera disalurkan kepada sasaran awalnya yakni para nakes,” kata Edy, Jumat (22/1/2021).

Edy mengatakan, kedatangan vaksin di Kota Cirebon sementara akan disimpan di Gudang Farmasi Dinkes. Ia menjelaskan karena penerima vaksin pertama adalah nakes maka rencananya ketika vaksinasi dimulai nakes saling memberikan vaksin satu sama lain, jadi tidak bergantung pada vaksinator.

"Semua nakes dokter atau bidan, perawat sebagian besar menguasai ilmu dasar menyuntikkan vaksin. Ilmu dasar vaksinasinya sama, tinggal penggunaan APD-nya saja ditingkatkan menjadi level yang lebih tinggi,” ujarnya.

Edy mengatakan, kapasitas kemampuan vaksinasi di puskesmas-puskesmas per hari minimal bisa 50 sasaran, serta di rumah sakit diharapkan minimal bisa 200 sasaran. Sedangkan kuota calon penerima vaksin di Kota Cirebon sebanyak 4.886 orang, terdiri dari nakes dan pegawai yang berasal dari semua fasilitas medis, mulai dari RS, puskesmas, klinik, dan apotek milik pemerintah maupun swasta.

"Namun, rencana awal kedatangan distribusi vaksin Covid-19 hanya diberikan 4.900 dosis vaksin, sehingga sasaran awal yang direncanakan akan divaksinasi di Kota Cirebon dibatasi terlebih dahulu hanya sebanyak 2.445 orang," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES