Kuliner

Makanan Tradisional Indonesia Berbahan Pisang, Mana Favorit Anda? 

Jumat, 22 Januari 2021 - 03:15 | 162.88k
Ragam olahan pisang di Indonesia (FOTO: instagram.com/chintamidewanto)
Ragam olahan pisang di Indonesia (FOTO: instagram.com/chintamidewanto)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia kaya akan makanan tradisional. Termasuk makanan tradisional berbahan pisang. Di Indonesia, pisang memang mudah tumbuh. 

Ada banyak jenis pisang di Indonesia, baik pisang yang dapat dimakan langsung, maupun diolah dulu. 

Nah berikut makanan tradisional yang berbahan pisang.

1. Pisang coe

Pisang-coe.jpg(FOTO: instagram.com/titien_smandu_93)

Pisang coe berasal dari Maluku Utara. Menu ini kerap dijadikan menu berbuka puasa. Pisang ini dibuat dengan balutan tepung terigu, telur dan susu. Setelah matang makanan dengan rasa manis ini diberi topping santan. 

2. Pisang luan

Pisang-luan.jpg(FOTO: instagram.com/masakyuuuuuk)

Pisang luan berasal dari Malaka, NTT. Pisang luan sebenarnya adalah pisang rebus setengah matang, namun yang membedakan adalah cocolannya. Pisang luan biasa disandingkan dengan sambal tomat dengan rasa yang sedikit asam. 

3. Pisang rai

Pisang-rai.jpg(FOTO: instagram.com/pisangrai.topsun)

Pisang rai berasal dari Bali. Pisang rai dibuat dengan cara mencelupkan pisang ke adonan yang terbuat dari tepung beras dan pasta pandan. Kudapan asal Bali ini disajikan di atas piring dengan topping dari kelapa parut yang telah dikukus serta gula merah cair.

4. Pisang gapit

Pisang-gapit.jpg(FOTO: instagram.com/gk_dapur)

Berasal dari Balikpapan, kudapan ini mempunyai rasa manis legit. Karena, pisang gapit diberi topping gula merah, santan, dan maizena. Pisangnya sendiri biasanya digeprek atau dipipihkan kemudian dipanggang. 

5. Pisang kapik

Pisang-kapik.jpg(FOTO: instagram.com/dapua.kito)

Orang Padang juga punya makanan khas berbahan pisang, namanya pisang kapik. Mirip dengan pisang gapit yang dipipihkan, hanya saja pisang kapik dipipihkan dengan alat penjepit sekaligus pemanggang di atas api. Usai pisang matang dan berubah kecokelatan, pisang kapik disajikan dengan topping berupa kelapa parut yang telah dimasak bersama gula merah.

6. Pempek pisang

Pempek-pisang.jpg(FOTO: instagram.com/khedirafoods)

Pasti tahu ya, pempek dari mana? Ya dari Palembang. Ternyata tak hanya ikan yang dijadikan bahan utama pempek, tapi juga pisang. Pempek pisang disebut cekodok. Rasanya, tak kalah populer dengan pempek ikan. 

7. Pisang goreng mulut bebek

Pisang-goreng-mulut-bebek.jpg(FOTO: instagram.com/mama_eyi)

Di Ternate, sambal colo-colo disajikan bersama pisang goreng. Bedanya pisang digoreng tipis mirip keripik pisang. Karen abentuknya mirip mulut bebek, maka kudapan ini diberi nama pisang goreng mulut bebek. Tak hanya dengan sambal colo-colo, pisang gireng mulut bebek juga dapat dimakan bersama ikan teri dan kacang goreng. 

8. Pisang goreng goroho

Pisang-goroho.jpg(FOTO: instagram.com/dapurmamidei)

Pisang goreng goroho menjadi favorit warga Manado. Pisang goreng ini juga diiris dan diberi tepung sebelum digoreng. Cara makannya pun juga dicocol dengan sambal roa, sedap!. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES