Pendidikan UIN Malang

KKM-DR UIN Maliki Malang Hidupkan Kembali Wisata Dam Licin di Pasuruan

Kamis, 21 Januari 2021 - 16:53 | 96.96k
KKM-DR UIN Maliki Malang Kelompok Desa Dhompo ketika kerja bakti di Desa Dhompo. (Foto: Faridah Amiliyatul Qur ana For TIMES Indonesia)
KKM-DR UIN Maliki Malang Kelompok Desa Dhompo ketika kerja bakti di Desa Dhompo. (Foto: Faridah Amiliyatul Qur ana For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) Kelompok Desa Dhompo UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) hidupkan kembali Wisata Dam Licin yang berada di Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Wisata Dam Licin, wisata alam yang pernah dinobatkan sebagai juara 2 dalam lomba desa wisata yang diadakan oleh Kabupaten Pasuruan. Namun karena tidak ada perkembangan dan sempat vakum karena Covid-19, wisata tersebut menjadi sepi pengunjung.

Upaya penghidupan kembali Wisata Dam Licin ini dilakukan pada Hari Minggu (17/1/2021). Upaya tersebut dilakukan bersama warga Desa Dhompo.

"Upaya yang kami dilakukan dalam menghidupkan kembali Wisata Dam Licin yaitu dengan melakukan kerja bakti, membersihkan sampah-sampah dan ranting-ranting pohon yang berserakan di area sekitar Dam Licin," ujar Faridah Amiliyatul Qur ana, Anggota KKM-DR Kelompok Desa Dhompo kepada TIMES Indonesia, Kamis (21/1/2021).

Faridah menuturkan, selain kerja bakti membersihkan area wisata, mereka juga kerja bakti dalam memasang jembatan yang telah rusak. Jembatan tersebut terbuat dari kayu yang dipasang di tengah aliran sungai setelah pintu masuk Dam Licin.

Tak hanya itu, KKM-DR UIN Maliki Malang Kelompok Desa Dhompo juga memanfaatkan kembali perahu-perahu yang sudah lama tidak dipakai.

"Perahu kami dibenahi agar pariwisata dapat menyusuri sungai Dam Licin dan dapat menjadi sumber penghasilan warga desa dalam mencari nafkah dan tombak pengelolaan wisata Dam Licin," ujar Faridah.

Faridah juga menuturkan, KKM-DR UIN Maliki Malang Kelompok Desa Dhompo juga berupaya menghidupkan warung-warung yang berada di area Dam Licin agar dapat beroperasi kembali. Dengan memberikan bantuan berupa manajerial pengelolaan warung, sistem pengelolaan keuangan yaitu pemasukan dan pengeluaran dana. Juga memberikan ide novasi penjualan dan barang yang akan dijual agar lebih laku.

"Oleh karena itu, kami dari KKM-DR UIN Maliki Malang Kelompok Desa Dhompo ingin berkontribusi aktif pada daerah agar wisata Dam Licin ini dapat kembali hidup dan dapat menjadi sumber penghasilan desa lagi," pungkas mahasiswa KKM-DR UIN Maliki Malang ini.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES