Peristiwa Daerah

Diawali Plt Bupati, Vaksinasi Covid-19 Perdana di Indramayu pada 10 Pejabat

Rabu, 20 Januari 2021 - 18:51 | 34.40k
Ilustrasi - vaksin. (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - vaksin. (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Sebanyak 10 pejabat publik dan tokoh masyarakat di Kabupaten Indramayu akan menjalani vaksinasi Covid-19 pertama di wilayah setempat. Salah satu di antaranya adalah Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat.

Juru Bicara Vaksinasi Tingkat Kabupaten Indramayu, Wawan Ridwan mengatakan untuk pemberian vaksin kepada Bupati dan tokoh daerah atau masyarakat, akan dilaksanakan di Pendopo Bupati Indramayu.

Sementara, untuk pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan, antara lain di 49 puskesmas, 10 rumah sakit, serta 2 klinik, yaitu Klinik Kodim Indramayu dan Klinik Polres Indramayu.

"Setelah 10 pimpinan dan tokoh daerah, vaksin akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang sudah terdaftar untuk vaksinasi di aplikasi P-Care BPJS," jelasnya, Rabu (20/1/2021).

Adapun 10 orang penerima pertama vaksin tersebut, masih belum disebutkan siapa saja. Yang pasti, Plt. Bupati Indramayu Taufik Hidayat menjadi salah satunya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat.

"Vaksin ini aman dan halal. Sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI dan BPOM. Karena itu, untuk meningkatkan kepercayaan publik akan keamanan dan kehalalan vaksin, maka pelaksanaan vaksinasi akan didahului dengan pemberian kepada sekitar 10 pejabat publik dan tokoh masyarakat," jelasnya.

Wawan melanjutkan Kabupaten Indramayu termasuk dalam tahap pertama termin 2 vaksinasi di Jawa Barat, dan akan melaksanakan vaksinasi di bulan Februari 2021.

Rencananya, distribusi vaksin dari provinsi ke Kabupaten Indramayu dijadwalkan antara tanggal 24-25 Januari 2021 dengan alokasi vaksin sebanyak 4.960 dosis.

Nantinya, kata dia, vaksin yang diterima, akan disimpan di Cold Room di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu. Menjelang kedatangan vaksin, akan ada pengamanan dari Polres Indramayu baik itu menjelang datangnya vaksin, maupun setelahnya.

"Kita pastikan vaksin tersebut aman ketika disimpan," pungkasnya terkait proses vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Indramayu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES