Gaya Hidup

Tidur dengan Lampu Menyala, Hati-Hati Bahaya ini Mengintai

Kamis, 21 Januari 2021 - 00:47 | 73.30k
Kebiasaan tidur dengan lampu menyala ternyata berbahaya. (foto: pexels)
Kebiasaan tidur dengan lampu menyala ternyata berbahaya. (foto: pexels)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebiasan tidur seseorang tentunya berbeda-beda ya. Ada yang suda dengan suasana yang gelap, ada juga ada yang suka terang. 

Nah jika Anda suka tidur dengan lampu menyala saat itu, sebaiknya hati-hati ya. Sebab ada dampak buruk jika Anda terbiasa tidur dengan kamar yang terang.

1. Tidak nyenyak

Saat mengantuk, tubuh kita memproduksi hormon melantonin (hormon pengontrol waktu tidur). Hormon tersebut akan bekerja optimal dalam kondisi yang gelap. Jadi jika suasana gelap akan mendukung tidur lebih nyenyak. 

2. Kualitas tidur tidak maksimal

Rasa lemas danlelah saat bangun tidur bisa saja terjadi karena kualitas tidur yang tidak maksimal. Kualitas tidur dapat dipengaruhi oleh pencahayaan kamar Anda. Karena meski mata kita terpejam, namun cahaya masih bisa masuk ke mata dengan samar-samar. Inilah yang membuat kualitas tidur kurang maksimal. 

3. Metabolisme tubuh terganggu

Jika kualitas tidur tidak maksimal akan berdampak pada metabolisme tubuh. Karena sel tubuh ber regenerasi saat kita tidur. Dengan kualitas tidur yang baik, maka proses internal tubuh juga maksimal.

4. Risiko kanker meningkat

Di sebuah penelitian, 2000 orang yang sering bekerja shif malam memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker prostat pada pria. Untuk wanita, terpapar lampu pada malam hari dapat meningkatkan berbagai risiko kanker. Hormon melatanin yang berfungsi sebagai antioksidan yang menekan radikal bebas dapat diproduksi secara maksimal dalam kondisi gelap.

Nah sebaiknya mulai dibiasakan untuk tidur dalam kondisi gelap ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES