Pendidikan UIN Malang

Mahasiswa KKM-DR UIN Maliki Malang Gelar Pelatihan Kerajinan Kristik

Rabu, 20 Januari 2021 - 14:36 | 112.73k
Ibu-ibu RT 06 RW 02 Dusun Wringin Anom ketika mengikuti pelatihan kerajinan kristik. (Foto: Amilia Dwi Yanti For TIMES Indonesia)
Ibu-ibu RT 06 RW 02 Dusun Wringin Anom ketika mengikuti pelatihan kerajinan kristik. (Foto: Amilia Dwi Yanti For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Kuliah Kerja Mahasiswa Dari Rumah (KKM-DR) Kelompok Desa Kepuharjo UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menggelar pelatihan kerajinan kristik untuk ibu-ibu warga RT 06 RW 02 Dusun Wringin Anom Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

"Nama lain dari kerajinan kristik adalah kerajinan tusuk silang, yang merupakan salah satu jenis sulaman yang memakai jahitan benang yang bersilangan dengan membentuk huruf X di atas kain tenunan sejajar," ujar Amilia Dwi Yanti, Ketua KKM-DR Desa Kepuharjo kepada TIMES Indonesia, Rabu (20/1/2021).

Amilia menuturkan, benang yang dipakai adalah benang sulam dari katun atau rayon, dan jarum yang digunakan adalah jarum tapestri.

Adapun jenis kain yang umum digunakan untuk kerajinan ini adalah kain strimin yang memiliki kotak-kotak (lubang lubang) dalam ukuran yang sama, horizontal maupun vertikal. Dalam pelatihan ini telah menyediakan pola, benang, kain dan jarum. Sehingga para partisipan yang mengikuti pelatihan ini tidak perlu membawa apapun. 

"Produk kerajinan ini berupa sulaman gambar, seperti gambar bunga, binatang, dan objek lainnya. Agar dapat membuat kerajinan ini, diperlukan latihan," ujar Amilia.

Amilia juga menuturkan, pelatihan ini bertujuan untuk menghilangkan kebosanan masyarakat ketika pandemi, di sisi lain juga agar masyarakat dapat menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai keindahan dan nilai jual.

Pelatihan kerajinan kristik ini dilaksanakan di rumah warga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Pelatihan ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan yaitu pada hari Minggu (3/1/2021) dan Minggu (10/1/2021) pada pukul 09.00 WIB. "Semoga dengan pelatihan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya di Desa Kepuharjo," ucap mahasiswa KKM-DR UIN Maliki Malang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES