Wisata

Bumi Perkemahan di Kambingan Gresik Bakal Berdayakan Masyarakat

Rabu, 20 Januari 2021 - 11:22 | 93.88k
Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil saat berdialog dengan Kepala Desa Kambingan serta Sekcam Cerme di Balai Desa Kambingan (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil saat berdialog dengan Kepala Desa Kambingan serta Sekcam Cerme di Balai Desa Kambingan (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Lahan 72 hektare milik Pemprov Jatim di Desa Kambingan Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik bakal dimanfaatkan menjadi bumi perkemahan. Ke depan, masyarakat di desa tersebut bakal dilibatkan dan diberdayakan.

Hal itu dikatakan Ketua Kwarda Jatim, Arum Sabil bersama pengurus lain saat berdialog dengan masyarakat dan Pemerintah Desa Kambingan pada Rabu (20/1/2021) pagi.

Menurut Arum Sabil, pembangunan bumi perkemahan dan pusdiklat ke depan akan melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini sesuai dengan implementasi gerakan pramuka sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

"Tentu adanya bumi perkemahan ke depan akan melibatkan masyarakat sekitar. Bahkan, nanti ada multi efek multiplier kepada masyarakat sekitar," kata Arum saat berdialog dengan masyarakat.

Arum menegaskan, bumi perkemahan yang bakal dibangun ini bukan seperti lapangan yang hanya berfungsi untuk berkemah saja. Namun, ke depan di area tersebut juga ada edukasi alam pertanian dan peternakan.

Pria yang dikenal praktisi pertanian nasional ini menambahkan, pemanfaatan lahan ini sebagai upayanya agar lahan milik Pemprov Jatim ini bisa termanfaatkan dengan baik.

"Tentu jika nanti sudah dibangun bumi perkemahan disini, maka masyarakat juga akan terbantu, tentu akan diberdayakan sesuai dengan potensi dan keahlian masyarakat tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kambingan Cerme, Iskandar, menyambut baik rencana pembangunan bumi perkemahan yang bakal ada diwilayahnya. Dia berharap, agar masyarakat ikut dilibatkan dan diberdayakan.

Iskandar mengatakan, masyarakat desa bekerja sebagai petani dan juga peternak. Selain itu, banyak juga masyarakatnya yang masih menggeluti kerajinan sarung tradisional.

"Tentu kami senang dan berharap agar masyarakat kami diberdayakan sesuai dengan keahliannya. Warga kami selain bertani dan berternak juga perajin sarung," tuturnya menanggapi rencana pembangunan Bumi Perkemahan di Desa Kambingan Gresik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES