Peristiwa Daerah

Ketua Kwarda Pramuka Jatim Tinjau Lahan Bumi Perkemahan di Gresik

Rabu, 20 Januari 2021 - 10:30 | 92.56k
Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil saat meninjau lahan milik Pemprov Jatim yang bakal dijadikan bumi perkemahan di Desa Kambingan Kecamatan Cerme (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)
Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil saat meninjau lahan milik Pemprov Jatim yang bakal dijadikan bumi perkemahan di Desa Kambingan Kecamatan Cerme (Foto: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Setelah terpilih menjadi Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil bergerak cepat. Kali ini, dia bersama jajaranya meninjau lahan 72 hektare yang bakal diperuntukkan untuk bumi perkemahan di Desa Kambingan, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik, Rabu (20/1/2021).

Sebelumnya, pada 2019 lalu, Gubernur Jatim atau Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Khofifah Indar Parawansa juga telah mencanangkan lahan di wilayah Gresik selatan ini untuk bumi perkemahan dan pusat diklat pramuka terlengkap.

Ketua Kwarda Jatim 2

Dalam kesempatan itu Arum Sabil mengatakan, salah satu program yang digagas dalam gerakan pramuka adalah memanfaatkan lahan milik Pemprov Jatim yang belum dimaksimalkan keberadaannya, salah satunya yang ada di Desa Kambingan.

"Hari ini meminjau lahan yang bakal dibangun untuk bumi perkemahan dan pusat diklat pramuka. Sesuai intruksi Ketua Kamabida atau Gubernur Jatim agar memanfaatkan lahan pemrprov yang belum dimanfaatkan dengan maksimal," katanya.

Ketua Kwarda Jatim 3

Pria yang dikenal praktisi pertanian dan peternakan nasional ini menerangkan dalam pemanfaatan lahan ini. Selain bakal dibangun bumi perkemahan, ke depan ia juga akan melaksanakan program Pramuka Produktif, artinya juga ikut memberdayakan potensi lahan yang ada tersebut.

"Sehingga kedepan ikut serta mendorong produktivitas pertanian melalui gerakan pramuka, juga bisa juga nanti disini sebagai wisata berbasis pertanian dengan menggandeng masyarakat sekitar," ungkapnya.

Dalam site plan, bumi perkemahan ini bakal dibangun sejumlah fasilitas diantaranya hutan hayati dan tanaman langka, outbond area, lapangan terbuka, amphiteathere, pusdiklat, area perkemahan yang menampung 10 ribu peserta dan lain sebagainya.

Ketua Kwarda Jatim 4

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarda Pramuka Jatim Suyatno menambahkan bumi perkemahan yang bakal dibangun di Desa Kambingan ini bakal jadi yang terlengkap.

Bahkan ke depan selain terdapat bumi perkemahan dan pusdikat, Suyatno menerangkan area tersebut bakal dilengkapi unit belajar kepramukaan untuk produktivitas yang langsung dengan alam.

"Bumi perkemahan di Gresik ini bukan hanya lapangan, ini untuk produktifitas para pramuka, ada unit belajar alam seperti bertani berternak, bumi perkemahan jadi taman kepramukaan," ungkapnya saat mendampingi Ketua Kwarda Pramuka Jatim, Arum Sabil meninjau lokasi bumi perkemahan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES