Peristiwa Daerah

Sang Putu Eka Pertama Terpilih sebagai Ketua Manca Agung Kabupaten Gianyar

Rabu, 20 Januari 2021 - 10:34 | 46.53k
Sang Putu Eka Pertama, terpilih sebagai Pengageng Manca Agung Kabupaten Gianyar. (Foto: Dok Putu Eka)
Sang Putu Eka Pertama, terpilih sebagai Pengageng Manca Agung Kabupaten Gianyar. (Foto: Dok Putu Eka)

TIMESINDONESIA, GIANYARManca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung kembali melakukan konsolidasi dengan membentuk kepengurusan di Kabupaten Gianyar. Dalam konsolidasi ini dibentuk pengurus di tingkat Kabupaten sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan AD/ART Manca Agung.

Pembentukan kepengurusan Manca Agung Gianyar dilaksanakan di Sekretariat Manca Agung Kabupaten Gianyar, Minggu (17/1/2021), yang dihadiri oleh masing masing 5 perwakilan semeton dari 31 desa di Tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Gianyar, Bali. Jumlah Kepala Keluarga yang terdata sampai saat ini sejumlah 4.089 KK (16.252 jiwa).

Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, para peserta mengawali dengan rapat persiapan Pesamuhan Agung III. Pengageng Ageng (Ketua Umum) Manca Agung Provinsi Bali, Prof Dr. Dewa Nyoman Oka, menekankan bahwa Pengurus Manca Agung adalah sebuah tugas sosial, serta sebagai salah satu wujud bhakti kehadapan leluhur dengan melayani pesemetonan. 

"Kepengurusan Manca Agung di tingkat Kabupaten berfungsi untuk mempercepat pendataan di bidang Parhyangan (kawitan/Mrajan), di bidang Pawongan (jumlah anggota pasemetonan, peningkatan SDM), di bidang Palemahan (peningkatan UKM, Koperasi), serta mendata tinggalan Purana, Prasasti yang tersebar di Pesemetonan Manca Agung," kata Nyoman Eka.

Melalui musyawarah mufakat akhirnya disepakati I Dewa Putu Banjar yang juga mantan Bendesa Beng sebagai Penglingsir Ageng Manca Agung Kabupaten Gianyar, dan Sang Putu Eka Pertama, MM yang juga mantan Bendesa Kedewatan Ubud sebagai Pengageng Manca Agung Kabupaten Gianyar disertai dengan Wakil Ketua bidang Parhyangan, pawongan, palemahan, sekretaris, bendahara, serta koordinator masing masing kecamatan.

Pengukuhan Pengurus Manca Agung Kabupaten Gianyar akan dilakukan pada saat Pesamuhan Agung III Manca Agung Trah Ida Dalem Shri Aji Tegal Besung pada akhir January 2021, yang akan dikukuhkan langsung oleh Pengageng Ageng Manca Agung sekaligus dikukuhkan juga pengurus Kabupaten Klungkung, Kabupaten Badung, dan Kota Denpasar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES