Peristiwa Daerah Bencana Nasional Covid-19

Waduh, 28 Kecamatan di Kabupaten Indramayu Masuk Zona Merah

Selasa, 19 Januari 2021 - 18:20 | 58.47k
Peta sebaran zona merah Covid-19 di Kabupaten Indramayu.(Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
Peta sebaran zona merah Covid-19 di Kabupaten Indramayu.(Foto: Diskominfo Kabupaten Indramayu)
FOKUS

Bencana Nasional Covid-19

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Sebanyak 28 kecamatan di Kabupaten Indramayu masuk zona merah. Sementara, 3 kecamatan lainnya berada dalam zona orange atau resiko sedang.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan hampir semua kecamatan di Kabupaten Indramayu masuk dalam zona merah atau resiko tinggi penyebaran Covid-19, selama periode 5-18 Januari 2021.

"Hanya tiga kecamatan saja yang masuk dalam zona orange, yakni Kecamatan Krangkeng, Lelea, dan Gabuswetan," jelasnya, Selasa (19/1/2021).

Adapun 28 kecamatan yang masuk dalam zona merah, yakni Kecamatan Indramayu, Pasekan, Sindang, Balongan, Jatibarang, Juntinyuat, Sliyeg, Karangampel, Kedokan Bunder, Kertasemaya, Sukagumiwang, Tukdana, Bangodua, Widasari, Lohbener, Arahan, Cantigi, Losarang, Kandanghaur, Terisi, Cikedung, Kroya, Bongas, Patrol, Anjatan, Sukra, Haurgeulis, dan Kecamatan Gantar.

Dengan demikian, lanjutnya, tidak ada lagi zona kuning maupun zona hijau di wilayah Kabupaten Indramayu.

"Zonasi resiko penyebaran virus corona ini dilakukan melalui 4 kategorisasi penentuan zona, yaitu dari hasil skoring dan pembobotan setiap indikator, meliputi indikator epidemiologi, surveilans kesehatan, dan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Hingga kini, kata dia, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Indramayu sudah mencapai angka 2.483 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 1.907 orang yang sembuh, 90 orang meninggal dunia, dan 486 orang masih menjalani perawatan.

Deden mengingatkan agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada, karena Pandemi Covid-19 belum berakhir. Satgas Covid-19 juga mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak)," ungkapnya.

Kemudian, apabila sedang melakukan pembatasan diri di rumah, maka disarankan untuk memperkuat imunitas diri, yakni dengan cara makan makanan bergizi seimbang, olahraga ringan di rumah, berjemur di pagi hari selama 15 menit, istirahat yang cukup, tidak merokok, mengonsumsi suplemen atau vitamin jika diperlukan. 

"Serta tetap tenang menyikapi situasi dan informasi," imbuh Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES