Ekonomi

Bidik Market Wisatawan, UB Buka Cafe Eduwisata di Kawasan Cangar

Selasa, 19 Januari 2021 - 18:13 | 298.47k
Cafe eduwisata yang dikembangkan BUA Universitas Brawijaya (UB) di kawasan wisata pemandian air panas Cangar, Kota Batu. (Foto: Kanal24 for TIMES Indonesia)
Cafe eduwisata yang dikembangkan BUA Universitas Brawijaya (UB) di kawasan wisata pemandian air panas Cangar, Kota Batu. (Foto: Kanal24 for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Brawijaya (UB) Malang melalui Badan Usaha Akademik (BUA) membuka cafe Eduwisata di kawasan pemandian air panas Cangar, Kota Batu.

Peresmian cafe baru milik UB ini dilakukan pada Selasa (19/1/2021) secara terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Direktur BUA UB, Dr. Herman Suryokumoro, cafe eduwisata yang bertempat di kawasan sekitar Cangar ini memiliki potensi luar biasa untuk menggaet pangsa pasar para wisatawan.

Cafe eduwisata b

Eduwisata yang dikonsep BUA UB ini memiliki paket wisata yang dapat dinikmati wisatawan. Selain cafe, pengunjung nantinya juga ditawarkan tanaman sayuran, buah-buahan dan bunga.

"Ikon kita adalah brokoli, karena jenis sayuran ini bisa hidup di dataran tinggi. Makanya, nanti menu makanan di cafe mayoritas dari brokoli,” kata Herman.

Dirinya optimistis cafe UB memiliki prospek bagus dan perlu dikembangkan ke depannya.

Di cafe ini, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari dataran tinggi dengan udara sejuk dan dikelilingi pohon besar.

Cafe eduwisata c

Cuitan burung dan aktivitas wisatawan juga terpantau dari dalam maupun luar cafe. Konsep cafenya ada dua, yakni indoor dan outdoor.

Menu minuman dan makanan ringan tersedia dengan harga terjangkau. Minimum harga mulai Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Makanan ringan yang dominan hasil pertanian petani sekitar dibanderol dengan harga mulai Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Herman juga melaporkan, selain cafe eduwisata, UB juga mengembangkan fresh mart yang resmi diluncurkan Senin (18/1/2021) kemarin. Lokasinya berada tepat di samping KPRI UB.

UB Fresh Mart ini menyediakan aneka sayuran dan buah-buahan organik hasil dari kebun ATP Cangar dan Jatikerto. Ada juga produk dari unit lain di bawah BUA seperti kopi dari UB Forest, air demineral dalam kemasan UB Fresh dari SII.

BUA UB akan menggandeng Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dan Fakultas Peternakan (Fapet) UB untuk mengembangkan penjualan ikan laut dan daging.

Upaya BUA UB seperti cafe eduwisata di Cangar ini merupakan taktik UB mendatangkan pendapatan dengan mengembangkan potensi wisata. Sebagai badan usaha, tentu upaya ini dilakukan secara all out dan penuh perhitungan tepat, termasuk pemilihan lokasi untuk membidik segmen wisatawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES