Peristiwa Daerah

Berstatus Zona Merah, Ini Langkah Pemkab Magetan Atasi Covid-19

Selasa, 19 Januari 2021 - 17:03 | 27.29k
Bupati Magetan, Suprawoto bersama sejumlah Forkopimda dan OPD saat konferensi pers di Pendopo Surya Graha, Selasa (19/1/2021). (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)
Bupati Magetan, Suprawoto bersama sejumlah Forkopimda dan OPD saat konferensi pers di Pendopo Surya Graha, Selasa (19/1/2021). (Foto: M Kilat Adinugroho/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETANPemkab Magetan bakal melakukan langkah strategis dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Terlebih, saat ini status risiko Covid-19 di Kabupaten Magetan Jawa Timur naik menjadi risiko tinggi atau zona merah.

Salah satu langkahnya yaitu meningkatkan rasio pengetesan melalui uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada pihak-pihak yang diketahui kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19, tentunya melalui tracing terlebih dahulu.

Kemudian, melakukan sampling tes secara acak untuk melacak kasus baru. Pasalnya, kini banyak kasus baru Covid-19 yang berasal dari klaster keluarga atau penularan dari satu rumah ke rumah lain.

"Ini klaster keluarga juga sudah benar-benar terjadi. Kita akan meningkatkan rasio untuk yang diperiksa melalui PCR yaitu 1 dibanding 10," ucap Bupati Magetan, Suprawoto, Selasa (19/1/2021).

Melalui swab test metode PCR tersebut, kondisi pasien maupun warga dapat segera diketahui. Sehingga diharapkan dapat mempercepat penanganan Covid-19.

Apalagi, di Kabupaten Magetan sudah ada tiga laboratorium PCR. Yakni di RSUD dr Sayidiman, Labkesda, dan Rumah Sakit Angkatan Udara dr Efram Harsana atau Rumkit Lanud Iswahjudi.

"Khusus untuk rumah sakit Lanud Iswahjudi, jika kekurangan reagen akan kita bantu," tutur orang nomor satu di Pemkab Magetan ini terkait kasus Covid-19 di Kabupaten Magetan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES