Wisata

Proyek Terminal Pariwisata di Banyuwangi, Pemprov Jatim Siapkan Dana Rp 40 Miliar

Selasa, 19 Januari 2021 - 16:09 | 100.18k
Terminal Brawijaya Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Terminal Brawijaya Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) bakal meningkatkan Terminal Brawijaya Banyuwangi menjadi terminal pariwisata. Untuk pengerjaan proyek terminal tipe B ini, telah dialokasikan sebesar Rp 40 miliar yang akan digelontorkan sebesar Rp 2,4 miliar pada tahap awal di tahun 2021 ini.

Sehubungan dengan proyek tersebut, 10 dewan anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur melakukan sidak langsung di lokasi terminal, Selasa (19/1/2021).

Hermanto.jpgHermanto, Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

“Hari ini, Komisi D DPRD Jawa Timur agendanya melakukan sidak dalam rangka pembangunan terminal tipe B di Banyuwangi. Terminal lama Brawijaya yang rencananya akan menjadi terminal Pariwisata,” kata Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur, Hermanto.

Menurut Hermanto, sidak ini dilakukan karena Kabupaten Banyuwangi mendapatkan alokasi yang cukup fantastis dibandingkan terminal lainnya di Jawa Timur yang hanya dialokasikan Rp 200 juta. Besarnya anggaran untuk terminal di Banyuwangi ini, bahkan sempat menjadi perdebatan di lingkup internal komisi D DPRD Jawa Timur.

Hermanto menjelaskan, dalam sidak tersebut, pihak Dinas Perhubungan Jawa Timur menjelaskan terkait grand design pembangunan.

Ditegaskan Hermanto, agenda sidak ini bertujuan untuk mengetahui peruntukan anggaran dan bentuk kegiatannya. Menurutnya, dari penjelasan pihak Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, nantinya terminal ini akan memiliki tiga lantai dan dimungkinkan pengelolaannya dilakukan dengan pihak ketiga.

“Karena disesuaikan dengan peruntukkan dan kebutuhan. Karena ini menjadi pintu masuk pariwisata Jawa Timur termasuk menjadi penunjang. Dengan bentuk desain sudah ada. Untuk tahun ini dialokasikan anggaran ini sebesar 2,4 miliar,” katanya.

Mengenai prospek ke depan, terminal baru ini diharapkan bisa efektif seiring rampungnya pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi. Sebab, jalan tol Probowangi nantinya tidak hanya melewati Situbondo saja, tetapi juga melewati Jember.

Nantinya, kendaraan yang lewat Jember bisa transit di terminal Brawijaya Banyuwangi ini. Selain itu, kendaraan-kendaraan pariwisata yang akan ke Pulau Merah, Kawah Ijen dan tempat wisata lainnya juga akan transit di terminal pariwisata tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES