Peristiwa Daerah

Disperindag Lamongan Susun Strategi Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi

Selasa, 19 Januari 2021 - 16:03 | 28.50k
Kepala Disperindag Lamongan, M. Zamroni. (Disperindag Lamongan for TIMES Indonesia)
Kepala Disperindag Lamongan, M. Zamroni. (Disperindag Lamongan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan (Disperindag Lamongan) mulai telah menyusun strategi untuk pemulihan ekonomi kemasyarakatan di masa pandemi Covid-19.

Kepala Disperindag Lamongan, M. Zamroni mengatakan, strategi pemulihan ekonomi tersebut akan difokuskan pada sektor UMKM dan pasar desa.

"Kita akan berikan pembinaan secara langsung terkait manajemen kepada sentra-sentra industri yang ada di Lamongan agar memiliki ketahanan dari krisis seperti saat pandemi sekarang ini," kata Zamroni, Selasa (19/1/2021).

Selain itu, Disperindag juga akan menampung masukan serta memberikan jalan keluar atas berbagai permasalahan yang dihadapi para pelaku industri.

Sedangkan untuk pasar desa, menurut Zamroni, pihaknya akan melakukan revitalisasi sebagian besar pasar desa yang ada di wilayah Kabupaten Lamongan.

"Kita lakukan revitalisasi bagi desa-desa yang sebelumnya sudah memiliki embrio pasar," ujarnya.

Upaya tersebut dilakukan untuk mendorong perkembangan pasar agar mampu memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.

"Jika sebelumnya masyarakat harus berbondong-bondong ke kota atau pusat perbelanjaan untuk mencari kebutuhannya, kedepannya masyarakat tidak perlu jauh-jauh, karena kebutuhannya sudah tersedia di pasar desa," tuturnya.

Selain itu, berbagai fasilitas yang ada di pasar desa juga akan dibenahi agar lebih tertata, sehingga masyarakat merasa nyaman ketika berbelanja di pasar tradisional.

"Kita bantu pendanaan bagi stan dan pedagang pasar, kita bantu untuk berkembang dan bersaing. Jika sebelumnya persepsi masyarakat pasar itu kumuh dan becek, kita buktikan ke depan kalau pasar itu lebih bersih dan nyaman, dengan begitu roda perekonomian masyarakat desa bisa semakin berkembang dan maju melalui pasar desa," ucap Zamroni, menjelaskan langkah Disperindag Lamongan untuk pemulihan ekonomi kemasyarakatan di masa pandemi (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES