Peristiwa Nasional

Korpri Imbau ASN Penyintas Covid-19 Jadi Donor Plasma Konvalesen

Selasa, 19 Januari 2021 - 15:27 | 19.74k
Plasma darah Survivor Covid-19. (FOTO: CNN Indonesia).
Plasma darah Survivor Covid-19. (FOTO: CNN Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) Prof Zudan Arif Fakrulloh mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) penyintas (survivor) Covid-19 yang memenuhi syarat agar bersedia menjadi donor plasma konvalesen.

"Ini adalah tindakan mulia yang dapat menyelamatkan sesama," ucap Prof Zusan dalam penyataan resmi yang diterima TIMES Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Diketahui, sejumlah pasien yang masih berjuang melawan Covid-19 mulai melirik terapi donor plasma konvalesen. 

Donor ini merupakan plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang dalam masa pemulihan untuk membentuk antibodi.

Donor plasma konvalesen kini banyak dicari. Namun karena banyak yang membutuhkan, donor tersebut terkadang sulit dicari. 

Menurut Zudan, masa pandemi masih belum jelas kapan akan berakhir. Ini menjadi momentum bagi ASN untuk maksimalkan kontribusi demi mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Berikan prioritas tinggi kepada program kesehatan, termasuk program pemulihan Covid melalui donor konvalesen ini," ujar Zudan.

Saat ini Palang Merah Indonesia baru bisa menyediakan 1.000 donor plasma konvalesen setiap bulannya. Padahal menurut Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, masih dibutuhkan 5.000 pendonor plasma konvalesen setiap bulan seluruh Indonesia

Untuk itu, Zudan meminta para ASN anggota Korpri yang sudah sehat bugar atau sembuh total dari Covid-19 segera menghubungi kantor PMI terdekat untuk mendonorkan plasma darahnya.

"Setiap ASN penyintas Covid-19 yang mendonorkan plasma konvalesen mempunyai sumbangsih besar terhadap kehidupan," demikian tandas Zudan, Ketum Korpri yang juga Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES