Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Pemkot Blitar Usulkan 10 Pejabat untuk Vaksinasi Covid-19 Pertama 

Selasa, 19 Januari 2021 - 15:10 | 31.01k
Vaksin Covid 19. (Foto: Aditya Hendra/ TIMES Indonesia)
Vaksin Covid 19. (Foto: Aditya Hendra/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, BLITAR – Pemkot Blitar mengusulkan 10 nama pejabat Forpimda Kota Blitar untuk menerima vaksinasi Covid-19 pada Februari 2021 mendatang. 

10 pejabat yang diusulkan menerima vaksin pertama yaitu Sekda, Komandan Batalyon, Kapolres, Ketua DPRD, Ketua IDI, Wadir RSUD, Perwakilan Kemenag, Perwakilan MUI, Perwakilan NU, dan Perwakilan Muhammadiyah. 

"Ada 10 pejabat yang akan divaksin pertama saat pencanangan, tapi saya tidak termasuk kriteria. Padahal saya siap kalau diminta ikut vaksin," kata Wali Kota Blitar Santoso, Selasa (19/1/2021). 

Namun, dari 10 nama itu, Santoso, tidak termasuk kriteria pejabat yang menerima sasaran vaksin saat pencanangan vaksinasi Covid-19. Itu karena usia Santoso telah melebihi 60 tahun. 

"Ada beberapa kriteria orang yang akan menerima vaksin Covid-19. Salah satunya, maksimal usia 59 tahun. Sekarang saya sudah usia 60 tahun, jadi tidak masuk kriteria," jelasnya. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Didik Jumianto menambahkan, pihaknya telah  melakukan skrining kepada 10 pejabat itu, apakah masuk kriteria penerima vaksin atau tidak.

"Skrining-nya melalui wawancara informal. Bapak Wali Kota tidak masuk kriteria karena usianya di atas 59 tahun," ujarnya. 

Didik menjelaskan, selain berusia 18-59 tahun, syarat vaksinasi Covid-19 lainnya adalah yang bersangkutan tidak pernah positif Covid-19 dan tidak punya penyakit komorbid seperti hipertensi, jantung, dan kencing manis. "Data 10 nama pejabat tersebut akan dikirim ke Jakarta. Lalu, para pejabat itu akan menerima pesan singkat dari Jakarta untuk mengisi data di aplikasi," ulasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES