Peristiwa Daerah

Update Korban Longsor Kota Malang, Tim Basarnas Lakukan Pencarian di Empat Titik

Selasa, 19 Januari 2021 - 14:00 | 34.21k
Personel SAR Gabungan sedang berkumpul di tenda pemantauan yang dibangun BPBD Kota Malang, Selasa (19/01/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)
Personel SAR Gabungan sedang berkumpul di tenda pemantauan yang dibangun BPBD Kota Malang, Selasa (19/01/2021). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya bersama tim SAR gabungan hari ini, Selasa (19/01/2021) mulai melakukan pencarian korban tanah longsor yang terjadi di Perumahan Sulfat Inside, Jalan Sadang, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.

Koordinator Lapangan (Korlap) Basarnas Surabaya, Ainul Makhdin mengatakan, pencarian sudah mulai dilakukan pada pukul 08.30 WIB.

"Kita kerahkan 40 personel dari tim SAR gabungan, mulai SAR Surabaya, Polsek Blimbing, BPBD Kota Malang, PMI Kota Malang dan para relawan SAR Malang Raya," ungkapnya.

Ainul menjelaskan, dalam pencarian kali ini semua tim gabungan akan dipecah di empat titik pencarian, yang dimana masing-masing tim berjumlah delapan orang.

"Kita akan bagi empat Search and Rescue Unit (SRU) untuk melakukan penyisiran di empat titik. Dimana semua SRU akan kita maksimalkan dipenyisiran darat," katanya.

Untuk rute pencarian, lanjut Ainul, pertama akan dilakukan penyisiran di kawasan Jembatan Bunulrejo hingga tempat kejadian longsor. Kedua akan dilakukan penyisiran di Jembatan Ranugrati sampai Jembatan Muharto.

"SRU ketiga akan melakukan pencarian di Jembatan Muharto sampai Jembatan Gadang dan yang keempat akan melakukan penyisiran di Jembatan Gadang hingga Lowokwaru," jelasnya.

Kendalan dalam pencarian korban longsor saat ini yaitu medan yang sulit akibat hujan deras kemarin. "Medannya kan curam ya, apalagi kondisinya habis hujan lebat kemarin. Jadi kita harus hati-hati dalam melakukan penyisiran," pungkasnya.

Sebagai informasi, Senin (18/1/2021) terjadi longsor sekitar pukul 17.30 WIB di Perumahan Sulfat Inside, Jalan Sadang, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Roland (40), penghuni rumah terjebak longsor saat rumahnya ambrol terbawa derasnya aliran sungai. (*)

Diketahui juga, posisi rumah korban memang berada tepat di bibir sungai yang berjarak sekitar lima meter dengan ketinggian 15 meter dari Sungai Bango. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES