News Commerce

Antisipasi Banjir, Ini Tips Ibu-ibu Kuasai Kick Starter Motor Matic

Selasa, 19 Januari 2021 - 14:06 | 78.93k
Motor matic (Foto MPM Honda)
Motor matic (Foto MPM Honda)

TIMESINDONESIA, MALANG – Maraknya banjir di beberapa kota memberikan kewaspadaan tersendiri, tak terkecuali pengendara sepeda motor yang kerap mogok terjebak banjir. Ada baiknya ibu-ibu juga harus menguasai kick starter motor matic.

Kebiasaan menggunakan electric starter memang kadang membuat terlena bahwa sebenarnya fungsi kick starter juga vital, terutama ketika electric starter tidak berfungsi. Lebih-lebih dalam kondisi banjir yang memberikan pengaruh pada kelistrikan motor. Bahkan sebagian ibu-ibu tidak mengetahui bahwa selain electric starter juga ada kick starter atau yang biasa disebut starter engkol.

 Ketika kelistrikan tidak nyala, terkadang hal tersebut membuat panik ibu-ibu, lebih-lebih dalam kondisi banjir dan hujan deras. Jika di sekitar ada yang bisa dimintai tolong hal itu tentu tidak masalah, tapi bagaimana jika tidak ada seorangpun? Jangan panik, menyalakan mesin menggunakan kick starter ternyata bisa dilatih.

Bagaimana cara menguasai kick starter bagi ibu-ibu? Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dirumah

.1.  Sebelum memulai aktivitas bisa dibiasakan untuk menggunakan kick starter, hal ini dilakukan ketika memanasi mesin.

2.  Untuk lebih memudahkan, gunakan kaki kanan untuk posisi kick starter di sebelah kanan dan gunakan kaki kiri untuk posisi kick starter yang di sebelah kiri.

3. Kick starter yang jarang dipakai biasanya susah untuk dinyalakan, ini bisa jadi karena grease kick starter terkontaminasi debu

4. Biasakan di kondisi senggang untuk menggunakan kick starter, ini sebagai bentuk perawatan sekaligus mengecek kondisi kick starter masih berfungsi normal atau tidak.

Semoga tips ini dapat bermanfaat untuk mengurangi kepanikan ibu-ibu saat terjebak banjir ketika menggunakan motor matic. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES