Peristiwa Daerah

Menteri Teten Masduki Dijadwalkan Hadiri Expo UKM-IKM Nusantara Maluku Utara 2021

Selasa, 19 Januari 2021 - 08:54 | 81.25k
Ketua Wilayah UKM-IKM Malut Dr. Nurlela Syarif dan Ketua Panitia Abdul Kadir. (Foto: panitia expo)
Ketua Wilayah UKM-IKM Malut Dr. Nurlela Syarif dan Ketua Panitia Abdul Kadir. (Foto: panitia expo)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Hampir seluruh sektor usaha terguncang akibat wabah Covid-19 yang merebak ke seluruh wilayah Indonesia, terutama sektor Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah (UKKM-IKM).

Dampak yang paling dirasakan pelaku usaha di sektor ini meliputi penurunan pendapatan/omset, pengurangan tenaga kerja, lesunya pembeli, perizinan, dan pembiayaan atau modal.

Melihat kondisi ini, Ketua Wilayah UKM-IKM provinsi Maluku Utara (Malut), Dr. Nurlela Syarif menggagas Expo UKM-IKM Nusantara Maluku Utara 2021. Event itu akan digelar pada 6 Februari 2021, pukul 8:00 - 18:00 WIT, di Ballroom Sahid Bela Hotel, Ternate.

"Kami berinisiatif sebagai upaya untuk membangkitkan semangat para pelaku UKM-IKM meski ditengah krisis," kata Ketua Panitia Expo UKM-IKM Malut  Abdul Kadir Kamaruddin kepada TIMES Indonesia, Selasa (19/1/2021).

Menurut Dekan Pertanian Universitas Khairun Ternate ini, sebanyak 100 peserta sudah mendaftar pada acara tersebut. Ratusan peserta itu berasal dari Kota Ternate, Tidore Kepulauan, Morotai, Halbar, dan Halteng.

Abdul Kadir menyatakan, pihaknya komitmen menjalankan protokol kesehatan 3 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki juga dijadwalkan mengahdiri Expo UKM-IKM Nusantara dengan tema "Wirausaha Muda Maju, Disabilitas Berdaya Saing Dengan Jaminan Ketenagakerjaan" ini.

"Semoga tidak ada perubahan," ujar Dul sapaan akrab Abdul Kadir

Terpisah, Ketua Wilayah UKM-IKM Malut, Dr. Nurlela Syarif menambahkan, Expo kali ini akan menghadirkan Fashion Show produk Batik lokal hasil produksi pelaku usaha disabilitas, Kain Tenun, dan Batik khas Maluku Utara.

"Ada juga talkshow motivator pelaku usaha muda dan kemudahan pembiayaan bagi pelaku usaha dan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk pelaku usaha yang mendapat dukungan dari lembaga Wahana Visi Indonesia Maluku Utara," kata Nurlaela Syarif (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES