Peristiwa Nasional

Kunjungi Lumajang, Mensos RI Risma Ingatkan Daerah Sediakan Kebutuhan Pokok

Senin, 18 Januari 2021 - 23:33 | 31.24k
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat memaparkan aktivitas erupsi Gunung Semeru (Foto: Qomaruddin Hamdi/TIMES Indonesia)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat memaparkan aktivitas erupsi Gunung Semeru (Foto: Qomaruddin Hamdi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – Menteri Sosial RI (Mensos RI) Tri Rismaharini mengunjungi Kabupaten Lumajang untuk mengetahui sekaligus memastikan erupsi Gunung Semeru. Dalam kunjungan tersebut Mensos Risma secara simbolis menyerahkan sejumlah bantuan bagi warga terdampak.

Diterima oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq di Pendapa Kabupaten Lumajang, Mensos secara seksama mendengarkan paparan dari Bupati tentang guguran awan panas Semeru beberapa waktu lalu. Jika bencana yang terjadi memberikan dampak yang luar biasa bagi warga sekitar.

Thoriqul Haq 2

Saat ditemui media, Mensos mengingatkan agar daerah harus memiliki persediaan makanan. Baik itu berupa beras dan makan pokok lainnya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu bencana alam bisa saja terjadi.

"Minimal itu sembako atau bahan dasar makanan harus siap karena tidak tahu, siapapun bisa terkena bencana. Artinya pemerintah harus mengontrol setiap daerah minimal untuk cadangan makanan itu harus ada dan wajib," ujar mantan Walikota Surabaya itu, Senin (18/1/2021). 

Sementara itu Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Menteri Sosial atas perhatiannya kepada masyarakat Lumajang. Langkah antisipasi yang disarankan Mensos akan segera dilaksanakan untuk masyarakat Lumajang.

"Tadi sudah disampaikan oleh Menteri Sosial, fasilitas dan sarana kesiapsiagaan bencana akan segera kami ajukan," katanya.

Menurut Cak Thoriq, langkah antisipasi dan kesiapsiagaan bencana itu memang harus dilakukan dengan baik oleh daerah. Hal itu dikarenakan bencana bisa kapan saja terjadi dan bisa menimpa siapa saja.

"Kami akan terus melakukan langkah langkah antisipasi yang lebih kuat lagi terkait kebencanaan di Kabupaten Lumajang," ucap Cak Thoriq usai kunjungan Mensos RI, Tri Rismaharini. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES