Pendidikan

Fakultas Saintek UINSA Berpartisipasi dalam JST SSP 2021

Senin, 18 Januari 2021 - 22:52 | 84.71k
Pelakasanaan Konferensi Online Japan Science Technology Sakura Science Program (JST SSP) 2021, Senin (18/1/2021). (Foto: tangkapan layar zoom)
Pelakasanaan Konferensi Online Japan Science Technology Sakura Science Program (JST SSP) 2021, Senin (18/1/2021). (Foto: tangkapan layar zoom)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dalam upaya mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) berkomitmen untuk mengembangkan jejaring riset internasional yang unggul serta inovasi-inovasi dalam pelaksanaan penelitian atau riset.

Pada hari Senin, (18/1/2021), Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Universitas Hiroshima dan lima universitas dari Indonesia, yakni UIN Malang, Universitas Jember, UIN Alaudin Makasar, IAIN Tulungagung, Universitas Brawijaya, serta Universitas National Chung Hsing, Taiwan, menyelenggarakan Konferensi Online Japan Science Technology Sakura Science Program (JST SSP) 2021.

UINSA 2

JST SSP ini merupakan program yang telah diselenggarakan secara berkesinambungan sejak tahun 2018 oleh Marine Biological Laboratory - Universitas Hiroshima selaku penyelenggara utama.

Dirancang selama 2 hari (18-19 Januari 2021), konferensi ini menjadi ajang saling berbagi pengalaman mengikuti program exchange (pertukaran pelajar) mahasiswa dari Indonesia dan Taiwan ke Universitas Hiroshima yang telah dilakukan sejak tahun 2018. Selain itu, acara ini juga merupakan sarana untuk mempublikasikan hasil penelitian, utamanya dalam bidang biologi kelautan.

Kunifumi Tagawa, yang juga merupakan Direktur Marine Biological Laboratory di Universitas Hiroshima, menyampaikan bahwa konferensi ini merupakan tindak lanjut dari program JST SSP 2020.

“Mengingat kondisi pandemi saat ini maka kami tidak dapat mengundang 10 peserta JST SSP 2020 dari UIN Sunan Ampel dan UIN Malang untuk student exchange ke Hiroshima, sehingga acara konferensi ini diadakan sebagai pengganti,” ujar Tagawa.

Konferensi diawali dengan presentasi peserta program exchange JST SSP 2018 dan 2019. Para alumnus menguraikan secara singkat tentang pengalaman kegiatan mereka selama mengikuti program tersebut.  Salah satu yang berkesempatan menyampaikan pengalaman mengikuti program exchange JST SSP adalah Pratiwi Dwi Puspitasari, alumnus JST SSP 2019 yang juga merupakan alumnus Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Ketua Program Studi Ilmu Kelautan, Asri Sawiji, menyampaikan bahwa pengembangan kapasitas mahasiswa, baik hard maupun soft skill, salah satunya dapat dilakukan melalui student exchange. Untuk itu Program Studi Ilmu Kelautan mencoba menginisiasi kolaborasi dengan Marine Biological Laboratory Universitas Hiroshima pada akhir tahun 2019 berupa program student exchange.

“Program student exchange JST SSP ini merupakan kesempatan emas yang harus dikejar oleh mahasiswa, tidak boleh disia-siakan,” tutur Asri.

Selepas paparan pengalaman dari alumnus JST SSP, acara dilanjutkan dengan special lecture yang diisi oleh Profesor Toshifumi Sakaguchi dari Univeristas Hiroshima yang mengangkat topik mengenai manfaat bakteri laut. Sakaguchi telah meneliti beragam bakteri laut sebagai agen bioremediasi, beberapa diantaranya dari genus Shewanella sp. Menurut Sakaguchi, kerjasama dengan peneliti Indonesia sangat terbuka karena masih banyak sekali hal yang bisa dieksplorasi terutama terkait potensi bakteri laut di perairan Indonesia.

Dari konferensi ini diharapkan tercipta kerja sama penelitian atau penelitian kolaboratif yang selanjutnya akan mampu meningkatkan kualitas penelitian di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

“Pada akhirnya penyelenggaraan kegiatan ini menuju pada peningkatan kualitas penelitian sebagai salah satu bentuk sumbangsih dari para dosen di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi yang tentunya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Evi. 

Fatimatur Rusydiyah, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya turut memberi presentasi hasil riset, Wiga Alif Violando, MP Dosen Prodi Ilmu Kelautan FST UINSA yang mempresentasikan tentang eksplorasi biota laut Spong di perairan laut Jawa. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES