Gaya Hidup

Sebal dengan Kecoa di Dapur, 5 Bahan Alami ini Ampuh Mengusirnya

Selasa, 19 Januari 2021 - 06:35 | 70.38k
Kecoa senang berkeliaran di dapur. (pixabay.com/Erik_Karits)
Kecoa senang berkeliaran di dapur. (pixabay.com/Erik_Karits)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kecoa salah satu serangga yang sangat menjijikkan. Meski dapur tampak bersih, namun serangga tersebut kerap berkeliaran. 

Sering diabaikan, namun ternyata hewan ini cukup berbahaya, karena membawa bakteri yang dapat menyebarkan penyakit. 

Mengusir kecoa sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Slah satunya yang paling praktis adalah dengan menggunakan racun serangga. 

Anda dapat menyemprotkan racun serangga pada lubang pembuangan air. Atau menyemprotkan racun langsung saat kecoa melintas. Namun tentunya ini sangat berisiko ya, bisa mengenai makanan atau peralatan memasak.

Sedangkan cara kedua dapat menggunakan bahan alami. Cara ini dinilai sangat aman dipraktikkan. Bahan alami apa saja yang dapat mengusir kecoa?

1. Minyak peppermint

Kecoa sangat membenti wewangian, termasuk aroma minya peppermint. Caranya teteskan minyak peppermint pada kapad,lalu gosokkan ke beberapa sudut dapur termasuk lubang saluran air di tempat cuci piring ya. 

Selain menggunakan kapas, Anda dapat menyemprotkan. Bikin cairan dengan mencampurkan minyak peppermint dengan air, dengan konsentrasi yang pas. 

2. Daun salam

Wangi dari daun salam juga dapat mengusir kecoa yang nakal. Caranya, hancurkan daun salam hingga lembut. Lalu taburkan di tempat yang sering dilalui kecoa. 

3. Soda kue dan gula

Kedua bahan ini efektif membunuh kecoa. Caranya campurkan soda kue dan gula dengan komposisi 1 banding 1. Taburkan racikan tersebut di tempat yang disukai kecoa.

4. Daun neem 

Daun neem mirip dengan peppermint. Daun ini juga dapat mengusir kecoa di dapur. Caranya rebus daun nee, selama 10 menit, dan biarkan hingga dingin. 

Masukkan air rebusan tadi ke dalam botol semprotan. Dan semprotkan ke pojok dapur atau tempat yang disukai kecoa. 

5. Jus lemon

Sifat anti patogenik pada lemon ampu mengusir kecoa. Caranya blender lemon dan air. Pastikan agar komposisi jus lemon lebih banyak ketimbang air, jangan buat terlalu encer. Kemudian, gunakan handuk kecil dan bersihkan seluruh perabotan rumah tangga Anda seperti meja, kursi, dan lantai menggunakan jus lemon. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES