Peristiwa Nasional

Dua Sungai di Majalengka Meluap, Rumah dan Sawah Warga Terendam Banjir

Senin, 18 Januari 2021 - 15:43 | 84.67k
Puluhan rumah warga di Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka terendam bajir. (FOTO: Kodim 0617/Majalengka for TIMES Indonesia)
Puluhan rumah warga di Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka terendam bajir. (FOTO: Kodim 0617/Majalengka for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Puluhan rumah warga dan ratusan hektare areal pesawahan di Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka terendam banjir. Banjir tersebut diakibatkan dua sungai di daerah tersebut meluap.

"Dua sungai tersebut adalah Sungai Ciranggong dan Cikamangi," terang Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, Senin (18/1/2021).

Ia mengatakan sebanyak 50 rumah warga di Dusun Tipar, Desa Ligung Lor, Kecamatan Ligung dan 50 hektare sawah tergenang air akibat banjir tersebut. "Sedangkan, di Desa Ampel, Kecamatan Ligung, luapan air mengakibatkan sekitar 200 hektare sawah tergenang," ungkapnya.

Kabupaten-Majalengka-terendam-bajir-2.jpg

Sementara, lanjutnya, jalan yang menghubungkan Desa Kodasari dengan Desa Leuweunghapit, hingga saat ini masih belum bisa dilalui baik roda dua maupun roda empat.

Genangan air di lokasi itu, kata Dandim, mencapai ketinggian air sekira 60 sentimeter atau lutut orang dewasa. Di lokasi yang berbeda, jalan penghubung Desa Leuweunghapit dengan Desa Bantarwaru air mencapai ketinggian sekira 25 sentimeter dan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua.

Kabupaten-Majalengka-terendam-bajir-3.jpg

"Namun banjir di lokasi itu mengakibatkan 35 rumah dan 70 hektare sawah tergenang air,"jelasnya.

Pihaknya telah memerintahkan anggotanya untuk terjun ke lokasi untuk membantu warga yang terdampak banjir tersebut.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap berbagai bencana alam di Kabupaten Majalengka, karena saat ini intensitas hujan masih tinggi," imbaunya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES