Peristiwa Daerah

Tremor dan Embusan Nihil, Status Gunung Dempo Aktif Normal

Senin, 18 Januari 2021 - 12:51 | 29.30k
Pos Pemantau Gunung Api Dempo di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara (Foto : Asnadi/Times Indonesia)
Pos Pemantau Gunung Api Dempo di Kelurahan Dempo Makmur, Kecamatan Pagaralam Utara (Foto : Asnadi/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Dari hasil data yang dikumpulkan Pos Pemantau Gunung Api Dempo selama sepekan, kegiatan kegempaan Gunung Dempo Pagaralam, Sumatra Selatan terjadi kecenderungan normal, namun disertai kondisi cuaca di kawasan puncak Dempo yang tidak menentu.

 “Berdasarkan hasil deteksi seismometer di bibir kawah Merapi-Dempo dan rekaman alat seismograf serta hasil pemantauan visualisasi kawasan merapi dan puncak Gunung-Dempo saat ini tengah mengalami cuaca dingin disertai angin kencang dominan berkabut,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha. Senin (18/1/2021)

Megian mengatakan, kondisi cuaca yang tidak menentu tentunya perlu diwaspadai bagi para pendaki. Diharapkan berhati-hati saat melakukan aktivitas di kawasan Gunung Api Dempo dan sekitarnya jangan sampai dipaksakan, sambil menunggu kondisi cuaca normal.

“Bila dipaksanakan akan sangat membahayakan dan akan timbul korban,” terangnya. Megian juga mengingatkan, para pendaki untuk mematuhi jarak aman radius 1 kilometer dari pusat kawah.

Sementara aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo terpantau fluktuatif, atau naik turun kegempaan yang terjadi, sedangkan aktifitas vulkanik, hingga embusan maupun kegempaan tremor nihil. “Sementara ini kondisi gunung api Dempo masih status level I aktif normal, sejak sepekan nihil kegempaan,” terangnya.

Lanjutnya, namun ke depan kondisi kegempaan Gunung Dempo belum dapat dipastikan apakah mengalami penurunan atau sebaliknya. Pasalnya, kalau alam tidak bisa diprediksi, sedangkan laporan hanya sebatas melakukan pemantauan berdasarkan alat yang ada. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES