Peristiwa Nasional

BNPB: 81 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa di Sulbar

Senin, 18 Januari 2021 - 07:41 | 55.70k
Kondisi bangunan yang hancur pasca gempa di Sulbar. (FOTO: BNPB)
Kondisi bangunan yang hancur pasca gempa di Sulbar. (FOTO: BNPB)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) melaporkan, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Sulbar (Sulawesi Barat) yang terjadi pada Jumat (15/1/2021) pukul 02.28 waktu setempat, menjadi 81 orang. Rinciannya, 70 orang meninggal dunia di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majane.

Selain itu, Pusdalops BNPB juga memutakhirkan data kerugian material di Kabupaten Majene, antara lain 1.150 unit rumah rusak yang masih dalam proses pendataan, serta 15 unit sekolah terdampak.

Sementara itu, menurut keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, dalam upaya pemenuhan kebutuhan para pengungsi, BNPB telah menyalurkan bantuan logistik ke Kelurahan Malunda, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene.

"Bantuan berupa 140 dus mie instan dan 10 dus air mineral yang diserahkan pada Minggu (17/1/2021)," ujar Radiitya dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip Senin (18/1/2021).

Sebelumnya, BNPB juga telah menyerahkan bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan gempabumi di Sulbar sebesar Rp4 miliar. Dana tersebut diserahkan kepada Provinsi Sulbar Rp2 miliar dan Kabupaten Mamuju dan Majene, masing-masing Rp1 miliar.

BNPB juga telah mendistribusikan berbagai bantuan dalam jumlah tertentu untuk kebutuhan para korban terdampak gempa di Sulbar berupa tenda, makanan, alat penerangan, perlengkapan bayi, selimut, masker, dan genset. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES