Peristiwa Daerah

Posyandu Remaja di Pangandaran Layani Pemeriksaan Kesehatan Kalangan Muda

Minggu, 17 Januari 2021 - 16:57 | 81.90k
Tim posyandu remaja di Pangandaran. (Foto: Dinar/TIMES Indonesia)
Tim posyandu remaja di Pangandaran. (Foto: Dinar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PANGANDARAN – Umumnya posyandu ditujukan untuk pelayanan balita dan batita. Namun, posyandu yang diselenggarakan di tiap dusun-dusun di Desa Wonoharjo Pangandaran ni dikhususkan untuk remaja. Posyandu Remaja Karang Taruna Gemilang sudah berdiri dan berjalan sejak bulan November tahun 2019.

Seperti pada kegiatan yang diselenggarakan Minggu (17/01/2021), di Dusun Wonoharjo. Posyandu remaja ini melakukan kegiatannya. Adapun remaja yang menjadi target atau sasaran berkisar umur 9 sampai dengan 16 tahun. Mereka akan diperiksa Kesehatan yang meliputi tinggi badan, berat badan, tekanan darah, kesehatan gigi dan perilaku hidup sehat.

Antusiasme anak-anak yang mengikuti kegiatan tersebut bisa dikatakan baik. Jumlah yang hadir disetiap kegiatan bisa mencapai 20 sampai dengan 30 orang sebelum terjadinya pandemi.

Sedangkan, pihak penyelenggaranya terdiri dari pegawai puskesmas setempat, bidan, ahli gizi, apoteker secara bergantian setiap bulan dan kader posyandu remaja dari tiap karang taruna dusun yang tersebar di Desa Wonoharjo.

Selesai pemeriksaan atau cek kesehatan, biasanya mereka bingkisan atau makanan ringan. Tidak hanya itu, berbagai games dan ada pemateri mengenai kesehatan juga diadakan untuk mengevaluasi sejauh mana anak-anak memiliki pengetahuan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Posyandu Remaja didirikan berdasarkan intruksi pemerintah, khususnya Bupati Pangandaran guna terciptanya perkembangan kesehatan di kalangan remaja. Dengan demikian, pelayanan kesehatan tidak hanya berfokus kepada balita dan batita saja, namun remaja juga diperhatikan.

"Sebagai ketua Posyandu Remaja Taruna Gemilang, saya berharap kalau kegiatan ini terus berlangsung dari tahun ke tahun karena perkembangan remaja juga perlu untuk diperhatikan, tidak hanya balita," ucap Asep Wendi, ketua Posyandu Remaja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES