Wisata

Tips Liburan Hemat ala Anak Kos tapi Tetap Seru

Senin, 18 Januari 2021 - 02:13 | 74.59k
Tips liburan ke luar kota tapi tetap hemat. (Foto: Freepik)
Tips liburan ke luar kota tapi tetap hemat. (Foto: Freepik)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya. Beragamnya destinasi wisata tersebar di setiap pulaunya memiliki daya tarik masing-masing. Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas untuk berlibur, mungkin Anda perlu mengikuti tips liburan hemat ala anak kos berikut ini.

Tips liburan b

1. Buat perencanaan liburan saat low season

Low season atau musim sepi wisatawan saat liburan saat liburan berlangsung adalah waktu yang tepat agar liburan Anda menjadi hemat. Alasanya pada waktu tersebut, seluruh harga penunjang wisata yang ditawarkan, seperti harga akomodasi (penginapan), harga tiket transportasi antar kota hingga harga tiket masuk tempat wisata perlahan menjadi normal bahkan di bawah normal.

Tidak seperti saat kebalikanya yaitu high season dimana harga penunjang wisata yang ditawarkan akan meroket. Agar tetap hemat, hindari liburan saat high season yang terjadi pada bulan dengan banyak hari raya dan tanggal merah seperti Desember-Januari dan Juli-Agustus.

2. Agar tidak membengkak, buatlah perencanaan biaya liburan

Merencanakan biaya liburan adalah hal terpenting agar liburan Anda menjadi hemat dan tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya yang tidak perlu.

Caranya dengan menentukan jumlah minimal budget yang akan dikeluarkan saat liburan. Anda perlu memperhatikan biaya apa saja yang dikeluarkan saat liburan seperti transportasi, akomodasi (penginapan), tiket masuk wisata, wahana permainan, serta, konsumsi makanan sehari-hari.

Beri tambahan lebih pada budget Anda untuk berjaga-jaga pada biaya yang tidak terduga seperti perbedaan harga yang direncanakan dengan harga di lapangan.

3. Rutin untuk mengecek promo dan diskon penerbangan serta penginapan

Akan ada banyak potongan harga yang ditawarkan saat low season. Baiknya Anda senantiasa rutin dalam mengecek infonya, berlangganan newsletter penginapan dan transportasi liburan bisa menjadi solusinya.

Tips liburan c

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti media sosial aplikasi tiket online untuk update terus informasi potongan harga. Meskipun potongan harga yang ditawarkan tidak selalu besar, Anda tetap bisa berhemat biaya liburan dan menggunakan anggaran anda untuk keperluan lainya.

4. Kontak atau kunjungi teman atau saudara yang berada di destinasi liburan Anda

Berlibur ke luar kota tak selalu harus mahal, Anda juga dapat mengunjungi saudara, teman atau, kerabat yang berada di daerah destinasi liburan Anda.

Jika Anda memiliki hubungan yang baik, dengan senang hati mereka sebagai warga lokal akan mengajak Anda berkelana bersama ke tempat wisata yang lebih berkesan dan tentunya bisa lebih hemat karena mereka lebih paham harga.

Selain itu, jadikan momen bertemu mereka untuk menjalin hubungan yang lebih harmonis hingga bertukar pikiran.

5. Gunakan transportasi umum saat berpergian

Kota-kota destinasi wisata yang sedang populer pastinya mengalami kepadatan pengunjung dengan mobil pribadi dan berakhir pada kemacetan jalanan. Hal tersebut akan membuat Anda tidak nyaman saat berlibur.

Agar Anda dapat berkontribusi baik terhadap pengurangan kemacetan, Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk mengunjungi destinasi wisata yang anda inginkan.

Selain murah, Anda dapat bertanya kepada penumpang dari warga setempat yang menumpangi transportasi umum itu mengenai kehidupan lokal maupun referensi tempat wisata yang tidak banyak diketahui wisatawan.

6. Hindari makan di restoran mewah

cobalah mencicipi kuliner lokal Saat Anda berlibur ke suatu kota, hal yang harus anda perhatikan adalah biaya makan. Disarankan untuk menghindari makan di restoran yang mewah.

Mencoba mencicipi kuliner lokal, seperti jajanan tradisional atau warung makanan khas setempat adalah solusi agar kantong anda senantiasa aman.

7. Membawa botol air mineral sendiri

Air mineral menjadi kebutuhan pokok saat anda berlibur ke destinasi wisata. Sehingga Anda akan membeli air mineral dalam kemasan dengan harga yang bervariasi. Di lokasi wisata, harga air mineral biasanya jauh lebih mahal dibandingkan di luar lokasi wisata.

Agar liburan anda tetap hemat, Anda dapat membawa sendiri botol air mineral dan mengisi ulang di penginapan. Sehingga Anda tidak perlu membeli lagi saat berada di destinasi wisata yang anda kunjungi.

8. Bijak saat membeli oleh-oleh

Saat membeli oleh-oleh, pilihlah oleh-oleh dengan harga yang murah namun berkesan. Camilan tradisional, hiasan rumah, kaos, gantungan kunci, dan lain sebagainya adalah beberapa alternatif oleh-oleh yang biasanya berharga murah.

Carilah oleh-oleh yang tetap mencerminkan keunikan daerah destinasi wisata setempat, karena bagi orang yang menerimanya akan sangat bermakna.

Demikian tips liburan hemat ala anak kos namun tetap berkesan. Meski liburan, jangan lupa agar senantiasa menerapkan protocol kesehatan untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES