Wisata

Kampoeng Sawah di Ciamis, Wisata Alam yang Manjakan Pengunjung

Minggu, 17 Januari 2021 - 16:26 | 60.72k
Kampoeng Sawah Talagasari Ciamis. (Foto: Lulu/TIMES Indonesia)
Kampoeng Sawah Talagasari Ciamis. (Foto: Lulu/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMISWisata alam tampaknya masih banyak diminati oleh masyarakat. Seperti Kampoeng Sawah, salah satu wisata yang terletak di Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Wisata yang didirikan di atas lahan bengkok ini berhasil memanjakan pengunjung. Dari inovasi yang selalu berkembang dari waktu ke waktu, sampai saat ini memasuki tahun ke 3 wisata ini beroperasi.

Akses jalan menuju Kampoeng Sawah sudah bagus. Jalannya mulua sehingga aman dan tidak perlu khawatir. Untuk tiket masuknya saat ini cukup dengan membayar Rp5000.

Dikelola oleh Bumdes Wibawa Mukti Desa Talagasari, Kampoeng Sawah ini bukan hanya memanjakan setiap pengunjung yang datang, tapi juga memperbaiki "nasib" masyarakat sekitar dengan memberdayakan masyarakat dari beberapa dusun di Desa Talagasari.

Galih Jaka Triyana, sekretaris Bumdes Wibawa Mukti Desa Talagasari mengungkapkan, untuk pemberdayaan masyarakat disediakan space khusus pedagang sehingga roda perekonomian tetap berjalan.

"Kalau bisa berdaya di desa sendiri kenapa tidak? Jadi tidak harus mencari kerja ke luar kota yang belum tentu terjamin. Apalagi situasi pandemi ini tidak memungkinkan untuk pergi ke luar kota jadi ya lebih baik berdayakan desa sendiri untuk berdayakan orang-orang sini juga," paparnya saat ditemui TIMES Indonesia.

Wisata yang dibuka sejak tahun 2018 ini memiliki konsep yang unik, tidak sekadar hiburan, namun juga sebagai wisata edukasi juga kuliner. Dengan desain saung-saung teduh yang dikelilingi taman bunga juga sawah, tempat ini juga sangat nyaman untuk meeting.

Salah satu petugas di Kampoeng Sawah, Arip Muslim mengatakan, situasi pandemi membuat Kampoeng Sawah terjadi penurunan pengunjung.

"Biar terjadi penurunan, ketika sudah diizinkan buka dan beroperasinya lagi Alhamdulillah pengunjung Kampoeng Sawah selalu ada juga kami tidak lupa untuk selalu mengingatkan pentingkah mengikuti protokol kesehatan." ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES