Peristiwa Daerah

Tahun Ini Tak Lagi Gratis, Bus Wisata di Bondowoso Bertarif Rp 30 Ribu

Minggu, 17 Januari 2021 - 14:26 | 64.26k
Armada bus milik Perum DAMRI parkir di depan Museum KA Bondowoso. Tahun ini wisata ke Ijen berbayar Rp 30 ribu untuk semua rute. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Armada bus milik Perum DAMRI parkir di depan Museum KA Bondowoso. Tahun ini wisata ke Ijen berbayar Rp 30 ribu untuk semua rute. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Perum DAMRI menyediakan layanan angkutan wisata (bus wisata) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Dengan rute Jember-Bondowoso-Ijen.

Uji coba dilakukan selama tiga bulan. Yakni mulai Oktober-Desember 2020. Warga atau wisatawan yang hendak menikmati wisata di kawasan Ijen tak dikenakan tarif alias gratis. 

Namun di Tahun 2021 ini angkutan darat KSPN tersebut tak lagi gratis. Namun demikian, wisatawan yang akan ke Ijen hanya cukup merogoh kocek Rp 30 ribu saja.

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Orang dan Barang dari Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Bondowoso, Bayu Aji Prabowo mengatakan, pihak Damri dan DLPH Bondowoso terus berkoordinasi. 

Menurutnya, sudah ada pertemuan untuk menentukan jadwal busnya dan tahun ini sudah tidak gratis lagi. "Jauh dekat harganya dipatok Rp 30 ribu,” kata Bayu.

Menurutnya, selama uji coba tahun lalu dikelola oleh pemerintah pusat dengan menunjuk Damri sebagai operator. 

"Kontraknya habis bulan Desember kemarin. Dan sekarang ini dalam masa proses kontrak baru," jelasnya.

Sementara kemarin, kata Bayu, pengelolaan trayeknya diampu oleh pihak Damri Malang. "Sebab anggarannya menjadi satu dengan KSPN Bromo," ucapnya.

Tetapi untuk tahun 2021 ini kata dia, beralih ke Damri Jember dan digabung dengan Damri Banyuwangi.

Sedangkan untuk masalah jadwal, Dishub Jember dan DLHP Bondowoso sepakat agar tak ada lagi perubahan jadwal. 

"Karena jadwal kemarin sudah mendekati kepentingan wisatawan dan masyarakat tadi,” paparnya saat dikonfirmasi.

Sejauh ini angkutan yang beroperasi di Bondowoso ada dua unit. Satu bus mini dan satu elf. Dimana Jember-Bondowoso dan Bondowoso-Ijen menggunakan armada yang berbeda.

"Nanti diupayakan dari Jember ke Ijen pakai satu armada, tidak terputus,” imbuhnya.

Adapun rutenya dari Terminal Tawang Alun - Stasiun Jember, Bandara Noto Hadinegoro, Stasiun Bondowoso (Museum Kereta Api) jadwal pemberangkatan trip pertama pukul 08.00 WIB, berikutnya pukul 11.00 WIB. Dengan tarif Rp 15 ribu.

Rute sebaliknya, Stasiun Bondowoso (Museum Kereta Api) - Bandara Noto Hadinegoro - Stasiun Jember - Terminal Tawang Alun jadwal pemberangkatan trip 1 pukul 07.00 WIB dan trip 2 pukul 18.00 WIB.

Sementara jadwal keberangkatan trip 1 rute Stasiun Bondowoso (Museum Kereta Api) - Paltuding (Ijen) pukul 10.00 WIB dan untuk trip 2 pukul 15.00 WIB.

Adapun rute bus wisata sebaliknya, yakni Paltuding (Ijen) - Stasiun Bondowoso (Museum Kereta Api) jadwal keberangkatan trip 1 pukul 09.00 WIB dan trip 2 pukul 15.00 WIB. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES