Peristiwa Daerah

Pastikan Karyawan Terdaftar JKN-KIS, Afan: Karyawan Tenang, Perusahaan Aman

Minggu, 17 Januari 2021 - 14:35 | 24.36k
Afan Susanto menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS. (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Afan Susanto menunjukkan kartu kepesertaan JKN-KIS. (Foto: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan terus dirasakan manfaatnya oleh sebagain besar masyarakat Indonesia. Salah satunya Afan Susanto yang sudah terdaftar sebagai peserta salah program pemerintah ini.

Pria berusia 56 tahun ini mengaku beruntung telah mengantongi Kartu Indonesia Sehat (KIS) sejak enam tahun terkakhir.

Perlindungan jaminan kesehatan yang telah dirasakan manfaatnya oleh Afan dan keluarganya sangat membantu.

“Awal dengar ada BPJS ini sudah langsung daftarin sekeluarga. Kalau sakit sudah tidak bingung mikir biaya, kalau sehat alhamdulillah buat tabungan kesehatan. Sangat terasa dibandingkan sebelum punya BPJS dan saat sudah punya,” ujar Afan saat ditemui, Minggu (17/1/2021).

Bercerita tentang pengalaman menggunakan manfaat penjaminan program JKN-KIS, Afan telah banyak terbantu. Mulai dari pemeriksaan kontak pertama di Puskesmas hingga pemeriksaan penunjang spesialis diterima dengan baik tanpa biaya.

“Mulai berobat ke Puskesmas, anak rawat inap di rumah sakit hingga kontrol rutin saat itu tinggal menunjukkan KIS. Semua dipermudah baik administrasi dan biayanya kalau sudah punya KIS,” terang bapak dua orang anak ini.

Berkaca dari pengalaman pribadinya, Afan yang juga sebagai pimpinan salah satu badan usaha di Jember ini memastikan seluruh karyawannya sudah didaftarkan menjadi peserta JKN-KIS.

Menurutnya, karyawan yang bekerja di kantornya adalah aset perusahan yang wajib diberikan perlindungan sebagai pekerja salah satunya jaminan kesehatan.

Dirinya tak ingin karyawannya kesulitan dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan karena terhalang biaya.

“Dulu awal merintis merasakan betul kalau bekerja tapi tidak memiliki asuransi, jatuhnya akan lebih banyak mengeluarkan biaya ketika sakit. Kalau bekerja sudah ada JKN-KIS seperti ini karyawan tenang. Proses pekerjaan berjalan lancar, perusahaan aman. Selain itu juga kewajibaan kita kan sebagai pimpinan untuk mendaftarkan,” ujar Afan.

Sebelum mengakhiri perbincangan, Afan juga menyampaikan harapan akan keberadaan Program JKN-KIS ke depan.

Baik sebagai pribadi dan pelaku usaha, dirinya berharap program ini terus memberikan peningkatkan kualitas pelayanan.

“Dari awal hadir sampai sekarang sebenarnya sudah banyak mengalami peningkatan kualitas pelayanan. Pemanfaat teknologi juga cukup modern dan membantu peserta. JKN-KIS ini program bagus dan banyak memberikan manfaat. Perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan memang harus terus menerus dijaga dan ditingkatkan,” tutup Afan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES