Wisata

Komunitas Ngori Dive: Potensi Wisata Bahari Bawah Laut Kabupaten Pulau Taliabu Sangat Besar

Minggu, 17 Januari 2021 - 06:47 | 158.83k
Keindahan potensi wisata selam bawa Laut di Kabupaten Pulau Taliabu.(Doc Ngori Dive Taliabu)
Keindahan potensi wisata selam bawa Laut di Kabupaten Pulau Taliabu.(Doc Ngori Dive Taliabu)

TIMESINDONESIA, PULAU TALIABU – Keindahan wisata bahari bawah laut Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, tidak kalah indahnya dengan wisata daerah lain. Kabupaten yang terdiri dari satu pulau besar dan beberapa pulau kecil yang dikelilingi laut Banda ini, menyimpan kekayaan bawah laut.

Hasil eksplorasi komunitas penyelam Ngori Dive Taliabu Maluku Utara menunjukkan bahwa ada dua spot wisata bawah laut di Kecamatan Taliabu Barat yang sangat direkomedasikan untuk wisatawan. Yakni wisata selam Pulau  Seho dan Tanjung Karamat.

“Kondisi bawah laut yang menjadi tujuan diving juga tak kalah indah, ada banyak coral dan soft coral yang sangat subur. Selain itu ada juga beberapa jenis ikan yang sering melintas, seperti lumba-lumba, Giant Travally, Pari, dan ikan lainnya,” kata Herman A Musa anggota Ngori Dive Taliabu kepada Times, Sabtu (16/1/2021).

isata selam bawa Laut di Kabupaten Pulau Taliabu

Menurut Herman, Pulau Taliabu masih banyak menyimpan potensi wisata selam bawah laut yang indah.

“Potensi wisata bawah laut masih sangat banyak, kami belum secara keseluruhan melakukan eksplorasi ke kecamatan lain di Taliabu. Misalkan Taliabu Utara, Taliabu Timur, Timur Selatan Selatan,” ungkapnya.

Pemkab Pulau Taliabu nampaknya belum memanfaatkan potensi wisata ini secara makasimal. Di anggaran tahun 2020 lalu, masih belum ada penganggaran secara khusus untuk mengembangkan potensi wisata selam di Pulau Taliabu.

Wisata selam bawa Laut di Kabupaten Pulau Taliabu

Padahal nilai jual dari wisata selam sesuai Data Kementerian Pariwisata menyebutkan, potensi bisnis wisata selam mencapai 35% dari total nilai potensi wisata bahari Nasional. Diperkirakan mencapai US$ 4 miliar.

Kata Herman, komunitas Ngori Dive siap membantu pemerintah dalam mengembangkan wisata bahari bawah laut Kabupaten Pulau Taliabu. "Kami siap membantu Pemerintah dalam hal eksplorasi dan pengembangan ke depan, ada juga teman media yang ikut nanti memperkenalkan Taliabu di Mauku Utara dan Nasional," ujar Herman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES