Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Kasus Covid-19 Bertambah, PMI Tasikmalaya Belum Mampu Donor Plasma Darah

Sabtu, 16 Januari 2021 - 12:25 | 43.87k
Para Staf PMI Kota Tasikmalaya (Foto: Dok Yudi Nurdian)
Para Staf PMI Kota Tasikmalaya (Foto: Dok Yudi Nurdian)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, CIREBON – Selain menggunakan vaksin Covid-19, pengobatan pasien Covid-19 juga bisa dengan terapi plasma darah atau donor plasma konvalesen. Hal ini disinyalir menjanjikan kesembuhan yang tinggi bagi yang masih berjuang melawan virus corona.

Namun berdasarkan penilaian PMI Pusat, Kota Tasikmalaya belum termasuk daerah yang bisa dikunjungi untuk donor plasma darah di Jawa Barat.

"Peralatannya belum seperti di kota-kota besar dan harus ada penilaian terlebih dahulu dari PMI Pusat layak atau tidaknya," papar Yudi Nurdian Ka. Adm UDD PMI kepada Times Indonesia pada Sabtu (16/01/2021).

Saat ini ada 4 daerah di Jawa Barat yang bisa dikunjungi untuk donor plasma konvalesen, yakni UTD PMI Kota Bandung, UTD PMI Kab. Bekasi, UTD PMI Kab. Cirebon, dan UTD PMI Kab. Bogor. Jadi, belum seluruh UTD PMI dan UTD RS mampu melaksanakan donor plasma konvalesen, termasuk kota Tasikmalaya.

Terapi plasma darah penyintas Covid-19 ini merupakan metode pengobatan dengan pemberian plasma darah (konvalesen) dari pasien sembuh yang memenuhi kriteria sebagai pendonor.

Adapun syarat-syarat untuk mendonorkan plasma darah atau donor plasma konvalesen adalah kondisi sehat dengan bebas Covid-19 minimal 14 hari, usia 18-60 tahun, diutamakan laki-laki, dan bagi perempuan belum pernah hamil.

Data per tanggal 16 Januari 2021 dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, ada sejumlah 2683 kasus positif Covid-19 dengan total kasus aktif sebanyak 479 orang. Sabtu ini terdapat penambahan kasus baru konfirmasi sebanyak 6 orang, sembuh 4 orang dan meninggal 1 orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES