Peristiwa Nasional

Peringatan #7thUUDesa, Mendagri RI Ajak Pemuda Bangun Kejayaan Desa

Jumat, 15 Januari 2021 - 20:53 | 19.32k
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Tito Karnavian (foto: Instagram/Tito Karnavian)
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Tito Karnavian (foto: Instagram/Tito Karnavian)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RITito Karnavian mengapresiasi Kemendes PDTT RI yang mengelar selamatan tujuh tahun lahirnya Undang-undang Desa, #7thUUDesa.

Selamatan ini digelar di kantor Kementerian Desa di Jakarta, dan dihadiri pemerintah desa secara virtual se-Indonesia. Mereka sangat antusias sekali mengikuti acara selamatan ini.

TIMES Indonesia memantau ada sekitar seribu lebih peserta yang hadir secara daring di acara ini. Sedangkan acara offline juga dihadiri banyak tokoh nasional. Termasuk dari kalangan DPD RI dan beberapa lembaga terkait sebagai mitra Kemendes PDTT.

Dalam pidatonya, secara daring Tito Karnavian menyampaikan bahwa sudah saatnya desa ke desa saling bersinergi untuk membangun kejayaan bersama. Menurut dia, jika undang-undang yang ada tersebut diaplikasikan dengan baik oleh pemerintah desa. Maka desa tersebut akan maju.

"Dari desa ke desa dapat membangun dirinya sendiri, urbanisasi akan dapat di cegah. Jika efektif maka pembangunan bisa diciptakan, desa bisa mandiri dan pemuda desa bisa membangun daerahnya masing-masing," kata Tito Karnavian di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Mantan Kapolri itu, mengatakan itulah fungsinya undang-undang desa yang saat ini berumur tujuh tahun, berbagai regulasi diciptakan dan organisasi kepemudaan di desa didukung oleh pemerintah.

Dia menegaskan, dana yang dikeluarkan oleh presiden Jokowi ke desa sangat luar biasa besarnya, harusnya desa sudah bisa mandiri. Sehingga dia berharap, Pemerintah desa betul-betul mengelola dana tersebut dengan baik, apalagi digunakan untuk program padat karya.

"Lebih delapan puluh ribu desa di Indonesia seharusnya sudah mengelola dengan baik, bekerjasama antar pemerintah baik di desa maupun provinsi hingga pusat untuk pembangunan nasional melalui desa," pungkas Mendagri RI, Tito Karnavian di acara #7thUUDesa Kemendes PDTT RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES