Peristiwa Daerah

LP Ma'arif NU Banyuwangi Akan Punya Gedung Pusdiklat Baru

Kamis, 14 Januari 2021 - 22:22 | 94.09k
(Dari kiri) Rois Syuriah PCNU Banyuwangi KH. Zainullah Marwan, Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi Zaki Al Mubarok, Ketua PC Muslimat NU Banyuwangi Hj Makmullah Harun dan Ketua Tanfidziah PCNU Banyuwangi KH. Ali Makki Zaini.(Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)
(Dari kiri) Rois Syuriah PCNU Banyuwangi KH. Zainullah Marwan, Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi Zaki Al Mubarok, Ketua PC Muslimat NU Banyuwangi Hj Makmullah Harun dan Ketua Tanfidziah PCNU Banyuwangi KH. Ali Makki Zaini.(Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Lembaga Pendidikan atau LP Ma'arif NU Kabupaten Banyuwangi, sebentar lagi akan mempunyai gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) baru.

Gedung yang berada di Jalan MT. Haryono nomer 58, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi kota tersebut, rencananya akan dibangun dua lantai. Gedung senilai Rp 2 Miliar itu ditargetkan selesai dalam 90 hari kerja.

lp maarif nu banyuwangi 2

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Rois Syuriah PCNU Banyuwangi KH. Zainullah Marwan, bersama Ketua Tanfidziah PCNU KH. Ali Makki Zaini, Ketua PC Muslimat NU Hj Makmullah Harun dan Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi, Zaki Al Mubarok, Kamis (14/1/2021).

Gus Zaki mengatakan, pembangunan gedung baru tersebut untuk memudahkan para tenaga pendidik melakukan koordinasi, khususnya dikawasan kota.

"Selama ini yang ada di kawasan kota dan Banyuwangi utara harus ke selatan jika ada pertemuan. Nah dengan adanya gedung baru ini kami berharap ada pemerataan. Yang dari utara tidak jauh, karena nanti kita ada servis points disini," ungkap Ketua LP Ma'arif NU Banyuwangi yang kerap disapa Gus Zaki itu kepada TIMES Indonesia.

Selain itu, lanjut Gus Zaki, dengan dibangunnya gedung LP Ma'arif NU baru di kawasan kota, juga diharapkan mempermudah komunikasi dengan PCNU dan instansi pemerintahan.

"Jadi tidak terfokus di kawasan selatan. Kita bergerak juga dikawasan kota untuk mempermudah koordinasi," ujar Ketua PKBM Mubarok Tegalsari itu.

Sebenarnya gedung tersebut sudah ada sejak lama. Namun sejak 10 tahun terakhir gedung itu mangkrak dan jarang digunakan. Hanya selama ini dipakai TPQ dan Yayasan Kesejahteraan Muslimat NU Khadijah Banyuwangi.

lp maarif nu banyuwangi 3

"Akhirnya atas inisiasi saran masukan dari sejumlah pengurus dan sesepuh NU Banyuwangi, gedung LP Ma'arif NU kita bangun bersama," ungkap Gus Zaki.

Ketua Tanfidziah PCNU Banyuwangi, KH. Ali Makki Zaini berharap, dengan dibangunnya gedung Pusdiklat LP Ma'arif NU tersebut, mutu para guru yang berada di bawah naungan LP Maarif semakin baik dan semakin berdaya saing.

"Karena ke depan hanya guru yang bermutu lah yang dapat menciptakan kader anak bangsa dan kader NU andalan, tangguh, berdaya saing, serta mampu mewarnai kehidupan masyarakat di berbagai bidang," ungkap Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Hidayah Rayut Desa Parijatah Kulon Kecamatan Srono itu.

Ulama kondang yang biasa disapa Gus Makki tersebut menambahkan, pembangunan gedung Pusdiklat LP Ma'arif tersebut juga bagian dari kampanye 'Anake wong Nu wajib sekolah di Sekolahan NU' (Anaknya orang NU wajib sekolah di sekolahan NU).

"PCNU Banyuwangi mengucapkan terimakasih kepada Hj. Makmullah yang juga Anggota DPRD Fraksi PKB Jawa Timur yang telah menjadi wasilah utama atas terbangunnya gedung Pusdiklat ini," ungkap Gus Makki

"Terima kasih juga kami haturkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, terutama Bu Gubernur yang juga Ketum Muslimat Pusat yang telah mensupport kami," imbuhnya.

Keberadaan Gedung baru Pusdiklat tersebut menjadi kabar gembira bagi para tenaga pendidik di wilayah Banyuwangi utara, khususnya yang berada dibawah naungan LP Ma'arif NU.

Karena nantinya mereka tidak harus ke Kantor LP Ma'arif NU pusat yang saat ini berada di Desa Kebaman, Kecamatan Srono. Namun pelayanan bisa dilakukan di Gedung Pusdiklat. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES