Peristiwa Daerah

Wong Sumbagsel Punya Induk Organisasi di Jatim

Kamis, 14 Januari 2021 - 21:23 | 18.47k
Tenaga Pembangunan Sriwijaya Pengda Jatim saat melakukan rapat kerja awal tahun, Kamis (14/1/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)
Tenaga Pembangunan Sriwijaya Pengda Jatim saat melakukan rapat kerja awal tahun, Kamis (14/1/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAWong Sumbagsel atau orang Sumatera Bagian Selatan yang terdiri dari 5 Provinsi yakni Sumatera Selatan (Palembang), Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, dan Lampung rupanya memiliki satu wadah organisasi. Organisasi tersebut bernama Tenaga Pembangunan Sriwijaya atau yang biasa disingkat dengan TPS Pengurus Daerah  (Pengda) Jawa Timur.

Organisasi ini adalah organisasi berbasis sosial dan budaya. Meski demikian, perlu diketahui bahwa organisasi ini embrionya berasal dari pergerakan Tentara Pelajar Sriwijaya. Kelompok tentara pelajar tersebut lah yang berjuang di era penjajahan untuk kemerdekaan Indonesia di wilayah kerajaan Sriwijaya atau yang kemudian disebut Sumbagsel.

Wong Sumbagsel 2

Pasca reformasi, Tentara Pelajar Sriwijaya berganti nama menjadi Tenaga Pembangunan Sriwijaya. Anggotanya sendiri di Jatim ada sebanyak 5 sampai 8 ribu orang dengan berbagai elemen dan kalangan.

"Kegiatan kami untuk sementara silaruhrahmi karena kelebihan orang Sumbagsel itu adalah silaturahmi, kekeluargaan yang erat itu ciri wong Sumbagsel, kedua kita melakukan kegiatan sosial. Kami berharap sekali jika berkenan pemerintah daerah untuk bekerja sama dibidang-bidang sosial," ujar Ketua Umum TPS Pengda Jatim, Ikmal Putra, Kamis (14/1/2020).

Melalui TPS Pengda Jatim, Ikmal berharap orang asal Sumbagsel di Jatim bisa saling berkumpul untuk saling silatuhrahmi dan berkontribusi dalam pembangunan Jawa Timut.

"Melalui organisasi ini kita berharap kita berkomunikasi  membangun Jatim dan daerah kita masing-masing," jelasnya.

Di Jawa Timur sendiri organisasi tersebut telah memiliki WhatsApp group. Bagi seluruh orang Sumbagsel di Jatim dapat bergabung dalam WhatsApp group tersebut dengan menghubungi admin group bernama Kurnia dengan nomor telpon 081330159592.

Pria Asal Sumbagsel itu juga mengatakan, TPS Pengda Jatim sendiri siang tadi, Kamis (14/1/2020) telah melakukan rapat kerja awal tahun untuk membahas agenda kerja tahun 2021 dan menghadari pemilihan ketua umum Tenaga Pembangunan Sriwijaya tanggal 25 Januari 2021 di Jakarta mendang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES