Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Pemkab Bandung Lakukan Vaksinasi Covid-19 Bertahap Hingga Maret 2022

Kamis, 14 Januari 2021 - 21:10 | 23.44k
Kadinkes Kab Bandung Grace Mediana Purnami saat launching vaksinasi Covid-19 di RS Unggul Karsa Medika Kec Margaasih, Kamis (14/1/2021).(Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)
Kadinkes Kab Bandung Grace Mediana Purnami saat launching vaksinasi Covid-19 di RS Unggul Karsa Medika Kec Margaasih, Kamis (14/1/2021).(Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami mengungkapkan, vaksinasi Covid-19 akan dilakukan mulai Kamis (14/1/2021) hingga Maret 2022. Untuk fase pertama, Pemkab Bandung telah menerima kuota sebanyak 7.560 vial vaksin.

Kuota vaksin fase pertama, terang Grace, ditujukan bagi 3.780 tenaga kesehatan. Pemberian vaksin dilakukan dalam dua tahap, dengan jarak perlakuan 14 hingga 28 hari. Pada kegiatan launching di Kabupaten Bandung, kata Kadinkes, vaksin diberikan kepada 10 peserta terpilih.

"Vaksinasi secara serentak dilakukan di 7 kabupaten kota di Jawa Barat. Ini kami lakukan sesuai edaran dari Mendagri, bahwa 10 tokoh ini yang akan menjadi panutan. Sehingga masyarakat bisa yakin, tidak takut dan ragu akan keamanan vaksin, karena sudah teruji," ungkap Kadinkes saat launching vaksinasi Covid-19 di RS Unggul Karsa Medika (UKM) Kecamatan Margaasih, Kamis (14/1/2021).

Pemberian vaksin memiliki persyaratan, antara lain berusia 18 sampai 59 tahun, tidak sedang sakit, hamil atau menyusui, dan tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Setelah melakukan pendaftaran melalui aplikasi Pedulilindungi.id, lanjut Grace, kesepuluh peserta tersebut harus melalui beberapa tahapan. Yaitu registrasi dan verifikasi dengan menunjukkan identitas diri.

Kemudian petugas akan melakukan pemerksaan fisik sederhana, untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kemungkinan penyakit penyerta atau komorbid. Setelah lolos, barulah peserta bisa menerima vaksin ini. 

"Dari 10 undangan terpilih di Kabupaten Bandung, hanya dua yang lolos. Padahal sebelumnya delapan undangan lainnya dalam kondisi sehat. Namun dalam screening ini, umumnya tekanan darah mereka naik. Jadi kami membatalkan kepesertaan mereka, ini sebagai bentuk kehati-hatian pemerintah," beber Grace Mediana.

Setelah menerima vaksin, lanjut dia, petugas akan mencatat hasil vaksinasi dan akan mengobservasi selama 30 menit. Hal itu dilakukan untuk memonitor kemungkinan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI), setelah selesai peserta akan diberikan kartu vaksinasi.

"Alhamdulillah pelaksanaan hari ini tidak ada kendala, hanya dari proses screening. Untuk itu kami menyarankan kepada para peserta, agar sebelumnya beristirahat cukup dan menenangkan diri. Jangan lupa sarapan dahulu," tambahnya pula.

Sementara terkait tata laksana vaksinasi di puskesmas, pihaknya akan melakukan sosialisasi melalui video conference. "Untuk puskesmas, besok akan kami berikan tata laksana dari pengalaman hari ini melalui zoom. Kemudian besoknya lagi, akan kami distribusikan vaksin tersebut," terang Grace.

"Vaksin untuk masing-masing puskesmas, belum didistribusikan karena belum bisa bisa dipastikan berapa jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 yang terundang dari masing-masing lokasi. Setelah ada kepastian jumlah, baru akan kami distribusikan," imbuh Grace mewakili Pemkab Bandung(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES