Peristiwa Daerah Vaksin Covid-19

Puluhan Puskesmas di Surabaya Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

Kamis, 14 Januari 2021 - 20:06 | 28.50k
Vaksinasi Covid-19 kepada Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
Vaksinasi Covid-19 kepada Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak. (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Puluhan puskesmas di Surabaya melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 menyambut pelaksanaan tahap pertama yang akan dimulai besok, Jumat (15/1/2021).

Salah satu yang menggelar simulasi adalah puskesmas Ketabang, dimana Kepala Puskesmas Ketabang Surabaya, Joyce Hestia Nugrahanti memastikan pihaknya telah melaksanakan berbagai persiapan secara maksimal untuk vaksinasi Covid-19.

"Mulai dari pendataan para tenaga kesehatan (nakes) hingga persiapan peralatan sudah dilakukan. Untuk jumlahnya ada 39 orang vaksinator,” ungkap Hestia, Kamis (14/1/2021).

Rencananya vaksin yang untuk saat ini masih disimpan di UPTD Gudang Farmasi Dinkes Surabaya, akan dibagikan ke puskesmas secara bertahap pada H-1 sebelum pelaksanaan.

Selanjutnya puskesmas akan menyimpan vaksin ke dalam cold chain guna menjaga suhu vaksin tetap dalam kondisi ideal.

Dalam pelaksanaannya, Hestia menjelaskan bahwa para nakes yang menerima vaksin akan digilir untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Selain itu, upaya tersebut penting dilakukan agar pelayanan pelayanan puskesmas kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana biasanya.

“Kegiatan pelayanan ke masyarakat tetap berjalan. Entah itu tracing maupun swab. Sebab jadwalnya di Puskesmas Ketabang ini, Senin - Kamis pukul 09.00 – 11. 00 WIB. Untuk Jum'at - Sabtu pukul 08.00 – 10.00 WIB,” paparnya.

Setelah mendapatkan suntikan vaksin, penerima wajib menunggu selama 30 menit sebagai langkah antisipasi terjadinya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Petugas di puskesmas akan memantau apakah dalam 30 menit tersebut penerima vaksin merasakan efek samping dari vaksinasi Covid-19 atau tidak. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES