Peristiwa Daerah

Pemkab Bondowoso Uji Coba Pasar Hewan untuk Tingkatkan Sektor Ekonomi Saat Pandemi

Kamis, 14 Januari 2021 - 19:48 | 26.84k
Suasana uji coba pengoperasian pasar hewan induk terpadu di Silolembu Curahdami Bondowoso (Foto: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Suasana uji coba pengoperasian pasar hewan induk terpadu di Silolembu Curahdami Bondowoso (Foto: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOPemkab Bondowoso melaui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag)  melakukan uji coba pasar hewan terpadu, di Desa Silolembu Kecamatan Curahdami mulai Kamis (14/1/2021).

Hal itu untuk membangkitkan sektor perekonomian di tengah pandami Covid-19. Dalam uji coba itu Pemkab juga berdialog dengan pedagang.

Kepala Diskoperindag, Sigit Purnomo mengatakan kegiatan ini merupakan awal untuk menuju pada kesempurnaan. Sehingga dilakukanlah uji coba.

"Tentu melibatkan pedagang dengan diskusi publik, apa saja fasilitas yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso," katanya.

Ia mengaku sudah menginventarisir masukan pedagang yang nantinya akan dilaporkan kepada bupati. "Yang nanti dituangkan dalam kebijakan anggaran untuk pembangunan selanjutnya," jelas Sigit saat dikonfirmasi.

Tujuan uji coba pembukaan pasar hewan terpadu ini kata dia, untuk mempermudah proses percepatan pemulihan ekonomi yang sempat lesu, terutama bagi pedagang. 

"Logikanya kalau sapi di Pasar Selasaan (pasar lama) tidak terjual, bisa dijual di sini. Dari sini perputaran ekonomi diharapkan, memulihkan ekonomi yang melambat akibat pandemi ini," terangnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga melakukan evaluasi dengan para pedagang. Yakni penambahan area parkir. Nantinya Pemkab akan melakukan kerja sama dengan Pemdes setempat.

"Pemerintah Desa sini kan mempunyai tanah kas desa, itu bisa dijadikan lahan parkir yang kemudian dikelola oleh Bumdes," terangnya.

Menurutnya,  selama uji coba pasar hewan terpadu di Silolembu Curahdami Bondowoso dibuka setiap Kamis. Akan berlangsung sampai proses pembanguan sempurna. "Intinya kita membuka peluang usaha di sini," terangnya mewakili Pemkab Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES