Kesehatan

Tak Hanya Kuatkan Otot, ini Manfaat Lain Potasium Bagi Tubuh

Jumat, 15 Januari 2021 - 01:26 | 67.43k
Makanan yang mengandung postasium (FOTO: universityhealthnews.com)
Makanan yang mengandung postasium (FOTO: universityhealthnews.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPotasium salah satu makromineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya manusia membutuhkan 100 miligram potasium perhari untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Potasium bisa didapatkan pada beberapa buah-buahan dan sayuran termasuk kacang-kacangan. Diantaranya alpukat, jeruk, pisang, bayam, tomat, kacang putih.

Lantas apa saja manfaat potasium bagi tubuh?

1. Menguatkan otot

Menguatkan-otot.jpg(FOTO: pexels.com/@samerdaboul)

Potasium berperan dalam menjaga pertumbuhan jaringan otot. Potasium juga dapat membantu mengoptimalkan kerja otot dan menjaganya agar tidak tegang, sehingga terhindar dari kram otot. 

2.Menjaga gula darah dan tekanan darah

Menjaga-gula-darah-dan-tekanan-darah.jpg(FOTO: pexels.com/@wdnet)

Kekurangan potasium dapat membuat gula darah menurun. Gula darah yang terlalu rendah menyebabkan badan menjadi mudah berkeringat, sakit kepala, mudah lelah dan gemetar. 

Maka disarankan penderita diabetes harus menjaga konsumsi potasium normal agar gula darahnya tetap terjaga. Selain itu, potasium juga data menjaga stabilitas tekanan darah sehingga terhindar dari risiko terkena serangan jantung dan hipertensi.

3. Menjaga kesehatan hati dan ginjal

Meningkatkan-kesehatan-hati-dan-ginjal.jpg(FOTO: medicalnewstoday.com)

Potasium berperan dalam  menjaga agar hati dan ginjal bisa bekerja sebaik mungkin. Karena potasium dapat membantu proses ekskresi yang mempermudah kerja ginjal. Tapi kelebihan potasium pun tidak baik karena dapat menyerap kalsium lebih dari normal. 

4. Menjaga kadar air dalam tubuh

Menjaga-kadar-air-dalam-tubuh.jpg(FOTO: pexels.com/@frank-cone-140140)

Berbeda sel tubuh, maka berbeda pula jumlah air yang diperlukan. Di sinilah peran potasium penting untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. keseimbangan air menjaga agar seluruh organ berfungsi secara optimal. Oleh karena itu kebanyakan orang memilih menyantap pisang setelah berolahraga.

5. Mengurangi stres

Mengurangi-stres.jpg(FOTO: pexels.com/@nastyasensei-sens)

Jika sedang stres sangat disarankan mengonsumsi buah yang mengandung potasium. Potasium dapat meregulasi hormon di dalam tubuh termasuk hormon stes seperti kortisol dan adrenalin. 

Namun bagi penderita penyakit ginjal tidak dapat memproses Potasium dengan baik, sehingga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung potasium. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES