Peristiwa Nasional Sriwijaya Air SJ182 Jatuh

Robot Bawah Laut BPPT Temukan 34 Puing Besar Pesawat Sriwijaya Air SJ182

Kamis, 14 Januari 2021 - 17:09 | 31.42k
Puing besar pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang baru ditemukan, Kamis (14/1/2021). (FOTO: detik.com)
Puing besar pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang baru ditemukan, Kamis (14/1/2021). (FOTO: detik.com)
FOKUS

Sriwijaya Air SJ182 Jatuh

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tim SAR Gabungan belum menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta. Namun demikian, robot bawah laut (ROV) milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berhasil menemukan 34 titik puing-puing besar pesawat Sriwijaya Air  yang mungkin menjadi lokasi CVR.

Puing-puing pesawat itu berada pada jarak 52 meter dari temuan FDR (flight data recorder) Sriwijaya Air SJ182 beberapa hari yang lalu.

"Kami secara efektif sudah melakukan operasi menggunakan ROV ini pukul 19.00 WIB dan selesai pada pukul 02.00 WIB tadi pagi dan kami sudah menemukan beberapa bagian pesawat ada sekitar 34 titik pecahan pesawat dan dari beberapa bagian dari pecahan pesawat itu di menurut pihak KNKT yang berada di Baruna Jaya IV itu merupakan bagian-bagian yang besar dan baru ditemukan," kata Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT Djoko Nugroho di atas Kapal Riset Baruna Jaya IV, Kamis (14/1/2021).

"Jadi ada bagian di titik 33 atau di 34 ini kita temukan kurang-lebih sekitar 52 meter itu dari titik FDR," imbuhnya.

Sebelumnya, tim penyelam TNI Angkatan Laut (AL) telah menemukan FDR black box Sriwijaya Air SJ182. Namun CVR, yang merupakan bagian dari black box, belum ditemukan.

Adapun Kondisi CVR yang sedang dicari tersebut diperkirakan sudah tidak utuh lagi, sama halnya dengan kondisi Data Flight Recorder (FDR) dan kondisi underwater locator beacon yang berhasil ditemukan sebelumnya sudah rusak berat. Sesuai rencana operasi, kapal Baruna Jaya IV beroperasi di sektor tak jauh dari penemuan FDR milik pesawat Sriwijaya Air SJ182. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES