Peristiwa Daerah

Kemendikbud RI Sebut Desa Sekapuk Role Model Perubahan Kebudayaan Masyarakat

Kamis, 14 Januari 2021 - 16:57 | 33.57k
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid (Kanan) saat disambut Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim (Kiri) (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).
Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid (Kanan) saat disambut Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim (Kiri) (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, GRESIK – Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid menyebut Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur sebagai role model perubahan kebudayaan masyarakat. Hal itu disampaikan saat kunjungan kerja ke Desa Sekapuk pada Kamis (14/1/2021).

Dalam kesempatan itu, dia meninjau aktivitas masyarakat di pasar kuliner dan pusat oleh-oleh produk lokal yang ada di Wisata Selo Tirto Giri (Setigi) serta Agrowisata Kebun Pak Inggih.

Menurut pria yang berpenampilan nyentrik ini warga Desa Sekapuk berhasil dalam transformasi kebudayaan sehingga berkontribusi menjadikan desa maju. Semangat maju inilah yang harus ditularkan untuk kembangkitan ekonomi.

"Yang paling menarik disini adalah bukan hanya tampilan fisik saja, saya menyapa langsung masyarakat. Dan ini rill, di sini warganya ada perubahan mindset untuk maju. Hal ini adalah perubahan budaya yang sangat penting," kata Hilmar.

Ditambahkan lebih jauh oleh dia, Desa Sekapuk telah berhasil mengubah dari desa miskin menjadi desa kaya yang penghasilan miliaran rupiah setahun dengan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berubah dan bekerjasama.

Hilmar menerangkan, ke depan pihaknya bakal memberikan laporan kunjungan ke Mendikbud RI Nadiem Makarim terkait pola pendidikan masyarakat serta output adanya pembangunan manusia dan kebudayaan.

"Akan kita sampaikan ke Mas Menteri terkait semua semua pengalaman Pak Kades ini yang perlu diketahui publik, bukan cuma publikasi tapi menularkan kebiasaan dan semangat ini ke desa lain seluruh tanah air," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim mengatakan memang awalnya desanya merupakan salah satu desa tertinggal. Namun, sejak dia menjabat sejumlah program telah dilakukan diantaranya membuat wisata.

Melalui sektor wisata itu diungkapkan Halim, dia mengajak warga untuk menjadi investor dengan pola menabung melalui Taplus Invest. Selain itu untuk kebangkitan ekonomi, para ibu-ibu PKK diajak untuk membuat produk oleh-oleh makanan khas desa.

"Untuk membangun wisata ini kami ajak seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, tiap RT ataupun kelompok masyarakat kita beri ruang dan stand kuliner untuk tempat berjualan. Jadi dari sini, kita bareng-bareng membangun desa," ungkap dia mendampingi Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI di Desa Sekapuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES