Peristiwa Daerah

Tiga Pasien Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Satu Pasien Asal Banteran Wangon

Kamis, 14 Januari 2021 - 15:17 | 41.62k
Korban berinisial R warga RT 1/5 Desa Banteran, Wangon, Banyumas tersebut dinyatakan positif Covid-19 oleh pihak rumah sakit setelah dirawat selama 10 hari. (FOTO : Sutrisno/TIMES Indonesia)
Korban berinisial R warga RT 1/5 Desa Banteran, Wangon, Banyumas tersebut dinyatakan positif Covid-19 oleh pihak rumah sakit setelah dirawat selama 10 hari. (FOTO : Sutrisno/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Satu pasein Covid-19 meninggal dunia di Desa Banteran, Wangon, Banyumas dimakamkan dengan protokol kesehatan ketat. Penguburan dilakukan oleh tim BPBD Banyumas tanpa ada warga yang ikut menyaksikan ,dan hanya di hadiri oleh anak, tokoh masyarakat, pihak TNI dan Polri, Pemdes Banteran, dan petugas khusus dengan APD lengkap, Kamis siang (14/1/2021).

Korban berinisial R warga RT 1/5 Desa Banteran tersebut dinyatakan positif Covid-19 oleh pihak rumah sakit setelah dirawat selama 10 hari. Sebelumnya korban juga mempunyai riwayat penyakit penyerta atau komorbid. Menurut petugas penguburan dari BPBD Banyumas, Eko Prasetyo pihaknya menerima instruksi dari Dinas Kesehatan untuk melaksanakan penguburan sesuai SOP dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

"Sesuai perintah Kepala Dinas Kesehatan melalui BPBD, Kami laksanakan penguburan pasien Covid-19 sesuai protokol kesehatan dan menggunakan alat pelindung diri lengkap, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,"kata Eko.

Pemakaman Covid a

Ditambahkan,pasien yang dinyatakan Covid-19 selama masa penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berjumlah tiga orang meninggal dengan penguburan oleh pihak berwenang. "Hari ini jumlah pasien Covid-19 di Kabupten Banyumas  yang meninggal ada tiga orang," katanya.

Sedang pihak keluarga pasien R, Kusno yang merupakan anak kandung menyatakan bahwa orang tuanya benar dinyatakan suspect Covid-19 setelah dirawat selama 10 hari. Selama itu telah cuci darah dua kali. Kusno bahkan mengucapkan terima kasih atas proses pemakaman yang dilakukan BPBD Banyumas dengan protokol kesehatan ketat.

"Sebelumnya memang punya riwayat penyakit, bahkan selama dua minggu ini cuci darah dua kali, dan saya juga ucapkan terima kasih untuk pihak terkait yang membantu pemakaman orang tua saya," katanya.

BPBD Banyumas Eko Prasetyo

Hinga saat ini dari data resmi banyumas Covid-19 tanggal 14 Januari 2021 pukul 14:30 WIB penderita berjumlah 4058 orang, dengan jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 912 orang, sedang yang meninggal dunia berjumlah 198 orang. Sedang yang masih di rawat di Rumah Sakit sebanyak 306 orang. sembuh 2948 orang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES