Peristiwa Daerah

Pilkades Serentak di Majalengka Digelar Mei 2021

Kamis, 14 Januari 2021 - 15:08 | 168.11k
Ilustrasi.
Ilustrasi.

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, akan digelar pada  Mei 2021 mendatang.

Pada pelaksanaannya, Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disebar di setiap titik blok yang jumlahnya disesuaikan dengan jumlah penduduk di desa tersebut.

Ketua Fraksi Gerindra, yang juga Ketua Komisi I DPRD Majalengka, Edi Karsidi mengatakan harus banyak persiapan yang matang. Alasannya, kotak-kotak suara yang disebar di setiap TPS tentunya akan menimbulkan persoalan baru.

"Yang jadi persoalan itu ada aturan Kemendagri. Misalnya ada kemenangan ‎yang draw/sama, itu harus dihitung ulang sesuai kotak," ungkapnya, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, aturan dari Kemendagri menimbulkan sejumlah pertanyaan, terutama saat ini masih di tengah pandemi sehingga harus melibatkan berbagai petugas keamanan untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan.

‎"Oleh karenanya, pada Senin depan, kita akan undang Satpol PP, Dinas Pemberdayaan Desa, institusi Polri juga perwakilan dari 26 kecamatan se-Majalengka," ujarnya.

Ia menambahkan pada pelaksanaan Pilkades nanti yang tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan Pilkada juga berimbas pada kepanitiaan dan anggaran.

"Sehingga pembahasan antisipasi pelaksanaannya itu harus benar-benar matang. Terutama jika nanti saat penghitungan akhir Pilkades hasilnya draw atau sama, maka harus diulang," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES