Peristiwa Nasional

Kasus Positif Covid-19 Tinggi, Gubernur Bali: Tertib Laksanakan Prokes

Kamis, 14 Januari 2021 - 14:28 | 20.33k
Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: DokTIN)
Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: DokTIN)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKasus positif Covid-19 di Bali mengalami meningkatan tajam. Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan bahwa kasus ini merupakan klaster libur panjang Nataru 2021. Penyebab kenaikan ini dikarenakan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali saat libur akhir tahun.

Wayan Koster mengatakan bahwa semua telah memahami bahwa pandemi Covid-19 ini sudah cukup lama, hampir setahun sejak bulan Maret 2020 yang lalu. Belakangan ini juga kasus positif Covid-19 mulai meningkat lagi setelah wisatawan di akhir tahun Desember yang lalu sekaligus menyambut tahun baru yang datang ke Bali. 

"Ada 400 ribu lebih dan saya sudah memperkirakan pasti begitu pulang nanti akan banyak kasus positif. Ternyata benar, dalam minggu-minggu ini, kasus positif per harinya meningkat tajam," kata Koster dalam sambutannya di acara pencanangan vaksin COVID-19 di RSBM, Bali, Kamis (14/1/2021).

I Wayan Koster menambahkan, dua hari terakhir ini lonjakan kasus COVID-19 di Bali naik drastis. Ia juga menilai kasus bulan ini lebih tinggi dibanding awal kasus Covid-19 pada Maret 2020. Pada dua hari sebelumnya, data kenaikan mencapai 300 lebih, dan yang kemarin bertambah 260. Bulan ini munculnya per hari dibandingkan hari per hari ketika kasus ini baru muncul bulan Maret 2020. 

"Jadi ini cukup tinggi. Kalau itu kita tidak bisa mengandalkan tertib di dalam melaksanakan protokol kesehatan dan sekarang Bapak Presiden menggariskan kepada kita semua untuk mengikuti vaksinasi yang tujuannya untuk menambahkan kekebalan dalam tubuh, memperkecil risiko penularan dan tentu kita berharap agar pandemi Covid-19 di Bali dan di Indonesia segera berakhir," jelas I Wayan Koster.

Wayan Koster juga menyampaikan bahwa saat ini semua pihak tengah merasakan bahwa pariwisata di Bali sudah sangat terpuruk akibat pandemi COVID-19 perekonomian di Bali juga sudah sangat terganggu. 

"Semoga tahun ini pandemi COVID-19 segera berlalu, bisa kita lewati dengan baik," lanjutnya.

Sebagai informasi, update kasus positif Covid-19 di Bali pada Rabu (13/1/2021) bertambah 268 orang. Sebanyak 236 orang tertular melalui transmisi lokal dan 32 pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES