Peristiwa Daerah

Gema Jabar Hejo Hiasi Pekarangan Situs Jang Raga di Ciamis

Kamis, 14 Januari 2021 - 12:38 | 41.47k
Gema Jabar Hejo dan Situs Jangraga (foto: Natasya/TIMES Indonesia)
Gema Jabar Hejo dan Situs Jangraga (foto: Natasya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIAMISGema Jabar Hejo menghiasi pekarangan sekitar wisata sejarah Situs Jang Raga Ciamis menjadi semakin asri. Ada penanaman beberapa pohon di sekitar situs tersebut.

"Memang lingkungan situs ini sudah banyak pepohonan karena di atas bukit juga. Namun, pohon ini bisa menjadi pohon yang berbeda di antara pohon yang sudah ada di sini," tutur Dicky Gunardi, Sekretaris DPD Gema Jabar Hejo Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Gema Jabar Hejo menanam pepohonan mangga di halaman situs ini. Kebanyakan pohon yang sudah ada di halaman situs adalah pohon kelapa dan pohon palem.

"Kami memilih situs Jang Raga ini merupakan kearifan lokal masyarakat Ciamis. Ha Ini akan mengingatkan kita tentang sejarah Kerajaan Galuh di Ciamis," jelasnya.

Ia berharap, pohon mangga tersebut dapat membuat lingkungan lebih asri. Selain itu, pohon tersebut diharapkan bisa berbuah manis bagi siapapun yang datang ke situs ini.

"Semoga ini juga bisa menginspirasi wisatawan yang lain. Semoga mereka juga bisa ikut menanam pohon atau bunga untuk membuat situs ini lebih asri, indah dan sejuk," tambahnya.

Situs Jang Raga ini berada di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Tepatnya, berada di dalam Desa Selamani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES