Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

Raffi Ahmad Minta Maaf Tak Disiplin Prokes Usai Divaksin Covid-19

Kamis, 14 Januari 2021 - 12:23 | 27.55k
Selebriti Raffi Ahmad saat menerima Vaksin Covid-19.  (Tangkapan Layar youtube Sekretariat Presiden)
Selebriti Raffi Ahmad saat menerima Vaksin Covid-19. (Tangkapan Layar youtube Sekretariat Presiden)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selebriti Raffi Ahmad meminta maaf atas tindakannya, yang tidak disiplin protokol kesehatan saat hadir di pesta usai menerima vaksin Covid-19.

Permintaan maaf itu disampaikan Raffi Ahmad pada akun Instagramnya, Kamis (14/1/2021). Dalam akun pribadinya Raffi Ahmad menyampaikan permintaan maafnya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Terkait peristiwa tadi malam, dimana saya terlihat berkumpul dengan teman-teman tanpa masker dan tanpa jaga jarak, pertama saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak @jokowi, Sekretariat Presiden, KPCPEN, dan juga kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tersebut," tulis Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad menjelaskan, peristiwa yang terjadi semalam merupakan kelalaian dan kesalahannya. Ia pun mengakui kesalahannya dan berjanji ke depannya akan lebih mematuhi protokol kesehatan.

"Jujur bahwa kejadian tadi malam adalah murni karena keteledoran saya, karena kesalahan saya. Ke depan saya akan lebih mentaati protokol kesehatan 3M (Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan). Saya juga berharap teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia agar terus menjalankan protokol kesehatan, meskipun vaksinasi sedang berjalan. Vaksin dan protokol kesehatan adalah satu kesatuan," tambahnya.

Raffi Ahmad pun menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah mengingatkannya. Dia juga meminta semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah mengingatkan dan saya harap kita terus saling koreksi demi kesehatan kita, orang-orang yg kita sayangi, dan buat Indonesia," tutur Raffi.

Keberadaan Raffi di sebuah pesta sendiri diketahui dari berbagai unggahan IG Story sejumlah selebriti. Seperti di akun @anyageraldine hingga akun IG Raffi sendiri, @raffinagita1717. Dalam acara itu, Raffi bersama teman-teman artisnya tampak tak mengenakan masker. Mereka juga tampak tidak menjaga jarak saat berfoto. Foto-foto Raffi Ahmad tanpa menerapkan protokol kesehatan pun viral di media sosial.

Sebagai informasi, program vaksinasi Covid-19 Indonesia, telah dimulai pada 13 Januari 2021. Vaksinasi perdana di Indonesia menggunakan vaksin COVID-19 CoronaVac, Sinovac, yang sudah mendapat persetujuan penggunaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk membentuk antibodi secara maksimal, proses penyuntikan vaksin CoronaVac dilakukan dua kali.

Ketua ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) Prof Dr Sri Rezeki S Hadinegoro menyampaikan bahwa setelah menerima dosis pertama vaksin, antibodi tak akan langsung terbentuk dan meningkat drastis. Karena itu, dibutuhkan dua kali suntik agar antibodi bisa maksimal. 

"Paling tidak setelah dua kali suntik, paling tidak 14 hari sampai 1 bulan itu baru maksimal antibodinya. Makanya di tentang itu, orang ini masih rentan maka masker tidak boleh lepas," ungkapnya.

Program vaksin Covid-19 tahap pertama ini pemerintah telah membuat daftar prioritas penerima vaksin. Kelompok prioritas pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan, TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lain.

Presiden RI Jokowi sudah menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Hal itu dilakukan untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa vaksin dari China tersebut adalah aman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES