Peristiwa Nasional Vaksin Covid-19

Suntikannya Mantap, Ini Dia Sosok Penyuntik Vaksin Covid-19 di Grahadi

Kamis, 14 Januari 2021 - 12:03 | 25.41k
Dokter Senja Satya menunjukkan vaksin Sinovac dosis 0,5 ml sebelum menyuntikkan vaksin kepada pejabat Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (14/1/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Dokter Senja Satya menunjukkan vaksin Sinovac dosis 0,5 ml sebelum menyuntikkan vaksin kepada pejabat Jatim di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (14/1/2021).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
FOKUS

Vaksin Covid-19

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tidak banyak yang tahu siapa sosok penyuntik vaksin handal di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (14/1/2021) pagi. Namanya dr Senja Satya. Bahkan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak juga mengakui. 

"Saya sih nggak lihat, tapi rasanya lancar. Saya lihat ke teman-teman (media) aja tadi," ungkap Emil. 

Menurut pantauan TIMES Indonesia, dr Senja Satya memang penuh percaya diri saat menyuntikan vaksin. Pagi ini ia terlibat dalam sebuah momen bersejarah. Momen perdana vaksinasi Covid-19 di Jawa Timur. 

Dokter Satya bertugas menjadi penyuntik vaksin Covid-19 bagi 21 tokoh pejabat dan tokoh masyarakat Jawa Timur. Dokter Senja Satya merupakan dokter dari RSUD dr Soetomo Surabaya. 

"Saya setiap harinya itu di Graha Amerta, tapi sebelum kami melakukan vaksin ini kami sudah dilatih terlebih dahulu oleh Kemenkes RI," kata dr Senja kepada TIMES Indonesia, Kamis (14/1/2021). 

Dokter Senja sebelumnya ditunjuk oleh pihak rumah sakit. Total ada tiga dokter dan delapan perawat bidan yang ditunjuk dan dilatih sebagai vaksinator.

Dokter Senja mengaku, tidak gugup saat melakukan tugasnya tersebut. Menyuntik vaksin merupakan tugasnya sebagai tenaga kesehatan.  "Kalau ketakutan, sebenarnya ini kan sudah tugas kami ya," ucapnya. "Jadi untuk rasa takut atau rasa keraguan itu harus kita hindarkan.: 

Tadi kayaknya yakin nyuntiknya, dokter? 

"Insya Allah yakin," jawabnya seraya tersenyum. 

Dokter Senja sudah tiga tahun bekerja di RSUD dr Soetomo. Pagi ini ia menyuntik 21 orang. Didampingi oleh dua perawat. Jumlah tim vaksinator sendiri 11 orang. Terdiri dari tiga dokter umum dan 8 perawat dan bidan.

dr Senja Satya menyuntikkan Vaksin Covid-19 Sinovac dosis 0,5 ml dengan intramuscular injection atau memasukkan langsung ke dalam otot.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES